Search for collections on Publications

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI LARUNGAN DI DESA UJUNG BATU JEPARA

IANATUL MUCHOIYAROH, 141310003239 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI LARUNGAN DI DESA UJUNG BATU JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 141310003239_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003239_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 141310003239_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003239_BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 141310003239_BAB II.pdf]
Preview
Text
141310003239_BAB II.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of 141310003239_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003239_BAB III.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 141310003239_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003239_BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 141310003239_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003239_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 141310003239_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003239_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 141310003239_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003239_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 141310003239_LAMPRIAN.pdf]
Preview
Text
141310003239_LAMPRIAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilia-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam tardisi larungan di Desa Ujung batu Kecamatan Jepara. Penelitian yang akan dilaksanakan peneliti tergolong dalam jenis penelitian kualitatif dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain, secara holastik, dan dengan cara deskripstif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus dan alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi.
Tradisi larungan diawali dengan penyembelihan kerbau di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Desa Jobokuto, kemudian daging kerbau dibagikan kepada warga di Kelurahan Ujungbatu dan kepala kerbau dilarung ke laut sebagai simbol membuang kebodohan, setelah itu dilanjutkan dengan ziarah ke makam Cik Lanang dan Mbah Ronggo Mulya. Kemudian dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit. Keesokah harinya upacara pelarungan kepala kerbau ke laut yang dipimpin oleh tokoh agama setempat dan diikuti oleh personel dari unsur Pemerintah Kabupaten Jepara, Pemerintah Kelurahan Ujungbatu, tokoh masyarkat, dan masyarakat lainnya.
Nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diambil dari prosesi larungan adalah, a) Silaturahmi antar sesama warga Ujungbatu dan masyarkat Jepara pada umumnya, b) Gotong royong dalam melaksanakan upacara larungan dari awal sampai akhir, c) Mendekatkan diri pada Allah swt, karena dalam prosesi larungan tersebut diisi dengan ziarah ke makam leluhur yang telah mendahului warga Ujungbatu, sehingga mereka lebih khusu’ dalam berdoa dan taqarrub pada Allah swt, d) Kepedulian Sosial dengan Sedekah dibuktikan dengan pembagian daging kerbau kepada warga di Kelurahan Ujungbatu, e) Adanya Ukhuwah Basyariyah dalam acara larungan tersebut karena dalam masyarakat merasa satu keluarga besar sehingga memiliki tanggung jawab yang berbeda untuk menyukseskan pesta lomban, f) Menjaga Lingkungan Hidup dalam pesta lomban dibuktikan dengan pelarungan kepala kerbau sebagai simbol membuang kebodohan yang nantinya akan dimakan oleh biota laut lainnya sehingga akan terjadi keseimbangan ekosistem laut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fathur Rohman, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, Dan Larungan.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.9 Adat Istiadat dalam Islam
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:57
Last Modified: 14 Jan 2022 02:57
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item
View Item