FARIDAH, 202610000739 (2021) PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM MUATAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PADA SD UNGGULAN TERPADU BUMI KARTINI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1.202610000739_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2.202610000739_BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3.202610000739_BAB II.pdf - Published Version
Download (958kB) | Preview
4.202610000739_BAB III.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
5.202610000739_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6.202610000739_BAB V.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
7.202610000739_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
8.202610000739_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan model serta manfaat dari implementasi kurikulum terpadu pada muatan lokal di SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini tahun pelajaran 2019/2020 serta untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat menjadi pendukung dan penghambat pengembangan model kurikulum terpadu pada muatan lokal di SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Terpadu Bumi Kartini Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menekankan pada deskripsi dan analisis masalah menggunakan penelitian lapangan (field research) yang memfokuskan pada studi analisis.
Berdasarkan deskripsi hasil penelitian yang telah penulis lakukan di SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini Jepara, maka dapat penulis sampaikan kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: Bahwa pengembangan kurikulum muatan lokal di SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini Jepara tahun pelajaran 2019/2020 sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hal-hal sebagai berikut: (1) Perencanaan kurikulum di SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini sudah berjalan dengan struktur perencanaan yang telah dibuat seperti persiapan mengajar dan program-program sekolah lainnya, akan tetapi masih perlu dilakukan penyelarasan perencanaan dengan agenda yang telah dibuat supaya dapat terlaksana dengan baik sesuai perencanaan pada awal tahun pembelajaran. (2) Pengorganisasian kurikulum sudah dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengorganisasikan semua komponen sumber daya yang ada untuk melaksanakan semua rencana yang telah disusun pada rapat perencanaan. (3) Pelaksanaan kurikulum sudah dijalankan oleh kepala sekolah, kepala TPQ dan semua dewan guru. Hal ini dapat dilihat dari berlangsungnya kegiatan belajar mengajar setiap harinya. (4) Evaluasi kurikulum di SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini dilakukan dengan mengevaluasi konteks, input, proses dan outputnya.
Adapun keberhasilan pembelajaran muatan lokal pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari faktor instrumental meliputi kurikulum program, sarana dan fasilitas serta faktor fisiologis dan psikologis.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H.Sa’adullah Assa’idi, M. Ag Pembimbing II: Dr. Barowi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Model Kurikulum, Muatan Lokal, Prestasi Non Akademik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:31 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:31 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1685 |