FUAD FAHMI LATIF, 182610000548 (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN SEBAGAI POLA DESIMINASI ISLAM MODERAT DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH AMTSILATI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000548_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000548_ BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. 182610000548_ BAB II.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
4. 182610000548_ BAB III.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. 182610000548_ BAB IV.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
6. 182610000548_ BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. 182610000548_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
8. 182610000548_ LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggali nilai-nilai moderasi pendidikan di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara secara emperis dalam bentuk materi pembelajaran baku, dimana rata-rata pesatren menjalankan pendidikannya hanya dalam bentuk kurikulum tersimpan (hidden curricullum), dipesantren Darul Falah (Amtsilati) secara eksplisit menyajikan beberapa materi ajar dalam bentuk karangan kitab yang mengajarkan tentang konsep ajaran yang moderat dan menangkal radikalisme.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisa deskriptif kualitatif terkait dengan manajemen pendidikan Pesantren Sebagai Pola Desiminasi Islam Moderat Di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara Tahun Ajaran 2020-2021. Data dan sumber referensinya berupa data primer dan data sekunder yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 hingga selesai. Sedangkan subyek penelitian ini adalah Kepala Pondok, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan verifikasi/penarikan kesimpulan
Hasil penelitian, a) Manajemen pendidikan islam moderat Di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati telah berjalan dengan baik dengan adanya konsep perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi sehingga membentuk sistem yang kuat b) Faktor pendukung antara lain : sumber daya santri, basis pendidikan karakter, menerapkan metode paikem serta adanya sarana prasarana. Faktor penghambat : Disiplin ilmu terbatas, pembelaran singkat, sempitnya ruang kebebasan. c) Hasil penelitian : membentuk karakteristik santri-santri moderat, adanya jenjang gradualisasi pendidikan, adanya bahan ajar baku tentang menangkal radikalisme, sistem kedisiplinan yang kuat, kekuatan fokus dan tarjet, serta berlandaskan pola kompetisi dan kompetensi pendidikan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa`dulla Assa`idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Islam Moderat, Manajemen, Pendidikan Pesantren. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:27 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:27 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1683 |