Search for collections on Publications

SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MTS NU DEMAK.TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ABDUL HALIM, 172610000523 (2021) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MTS NU DEMAK.TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 172610000523_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 172610000523_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 172610000523_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 172610000523_BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 3. 172610000523_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 172610000523_BAB II.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 4. 172610000523_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 172610000523_BAB III.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. 172610000523_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 172610000523_BAB IV.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of 6. 172610000523_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 172610000523_BAB V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 7. 172610000523_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 172610000523_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 8. 17261000523_lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 17261000523_lampiran.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah memiliki banyak peran. Salah satu peran tersebut adalah sebagai supervisor. Kepala madrasah berperan sebagai supervisor sebagai bentuk upaya memberikan bantuak akademik bagi guru sehingga guru secara personal dapat meningkatkan kualitas dan berujung pada peningkatan kompetensi pedagogik guru. Oleh karena supervisi kepala sekolah memiliki kontribusi yang besar dalam ikut beriupaya meningkatkan berbagai aspek kemajuan guru salah satunya peningkatan kompetensi pedagogik guru.
Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pegagogik guru di MTs NU Demak?, 2) Bagaimanakah kompetensi pegagogik guru di MTs NU Demak.
Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi metode.
Hasil Penelitian 1) Supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs NU Demak yaitu pendekatan langsung, pendekatan tidak langsug serta pendekatan kolaboratif. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi guru yang akan disupervisi, mengingat setiap guru memiliki karakteristik dan juga kompetensi yang berbeda-beda. Teknik supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru di di MTs NU Demak yaitu teknik individu dan teknik kelompok. Teknik secara individu dilakukan melalui kunjungan kelas oleh supervisor terhadap guru yang akan disupervisi. Sedangkan teknik kelompok melalui kegiatan rapat, diskusi kelompok guru mata pelajaran,organisasi profesi guru seperti MGMP, dan juga melalui workshop-workshop baik yang diadakan oleh sekolah maupun pihak luar sekolah. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama kompetensi pedagogik dan profesional. Adapun langkah-langkah supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan rofesional guru di MTs NU Demak meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. 2) Kompetensi Pedagogik guru di MTs NU Demak setelah adanya tindakan supervisi kepala sekolah diantaranya berdampak positif antara lain: a) memahami wawasan atau landasan pendidikan; (b) memahami peserta didik; (c) mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran; (d) merancang pembelajaran; (e) melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan menyenangkan; (f) memanfaatkan teknologi pembelajaran; (g) mengevaluasi pembelajaran; (h) mengembangkan peserta didik dalam mengaktualisasi potensinya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:23
Last Modified: 13 Jan 2022 04:23
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item
View Item