SUCI ADITYANINGSIH, 192610000645 (2021) PENGUATAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000645_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 192610000645_BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. 192610000645_BAB II.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
4. 192610000645_BAB III.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. 192610000645_BAB IV.pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
6. 192610000645_BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. 192610000645_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. 192610000645_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter tanggung jawab peserta didik melalui manajemen ekstrakurikuler pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah a) Bagaimana penguatan nilai karakter tanggung jawab peserta didik melalui manajemen ekstrakurikuler pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021? b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan nilai karakter tanggung jawab peserta didik melalui manajemen ekstrakurikuler pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021? c) Sejauhmana hasil penguatan nilai karakter tanggung jawab peserta didik melalui manajemen ekstrakurikuler pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian menggunakan pendekatakan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah survey/lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler meliputi adalah : (1) Perencanaan, (2) Pengorganisasian, (3) Pelaksanaan (4) Evaluasi. Hasil meliputi enam indikator antara lain (1) Melakukan tugas rutin tanpa harus diberi tahu, (2) Dapat menjelaskan apa yang dilakukannya, (3) Tidak menyalahkan orang lain yang berlebihan, (4) Menghormati dan menghargai aturan, (5) Mengerjakan apa yang dikatakannya akan dilakukan, (6) Mengakui kesalahan tanpa mengajukan alasan yang dibuat-buat. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Penguatan Nilai Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik melalui Manajemen Ekstrakurikuler : (1) Faktor pendukung : kesadaran dan motivasi siswa siswa rajin dan konsisten dalam mengikuti ekstrakurikuler. (2) Faktor penghambat : tidak adanya kerja sama orang tua dengan sekolah, tidak ada dukungan dari komite sekolah, faktor lingkungan peserta didik. Hasil Penguatan Nilai Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik melalui Manajemeran Ekstrakurikuler : a) dapat tugas rutin tanpa harus diberi tahu, b) dapat mmenjelaskan apa yang dilakukannya, c) tidak menyalahkan orang lain yang berlebihan, d) menghormati dan menghargai aturan, e) mengerjakan apa yang dikatakannya akan dilakukan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Ekstrakurikuler, Karakter Tanggung Jawab |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:22 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:22 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1680 |