JALAL SUYUTI, 172610000496 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000496_COVER.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
172610000496_BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
172610000496_BAB II.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
172610000496_BAB III.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
172610000496_BAB IV.pdf - Published Version
Download (723kB) | Preview
172610000496_BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
172610000496_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
172610000496_Lampiran .pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah adalah: 1) Bagaimanakah manajemen pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Demak, 2) Apa saja Problematika Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Demak?, 3) Apa saja Upaya-Upaya yang Dilakukan untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Demak?
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Teknik penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data menurut Miles Dan Hubermans dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Sedangkan keabsahan data melalui Keabsahan Konstruk, Keabsahan Internal, Keabsahan Eksternal, Keajegan.
Hasil penelitian Pertama manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Demak meliputi perencanaan, pelaksanaan yang saling sinergis dan suportif antar komponen satu dengan yang lainnya, seperti perangkat pembelajaran, tujuan pembelajaran, pendekatan, metode, strategi, materi pelajaran atau bahan ajar, media pembelajaran, sistem evaluasi, kondisi sisiwa, kondisi guru dan pengelolaan kelas. kedua Problematika Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Demak 1) Kurangnya media pembelajaran; 2) siswa berasal dari latar belakang pendidikan beda; 3) guru kurang termotivasi berbicara bahasa Arab; 4) laboratorium bahasa sebagai penunjang pembelajaran bahasa Arab tidak ada; 5) lingkungan yang kurang mendukung; 6) metode yang tidak bervariasi; dan 7) kurangnya waktu belajar. Ketiga. Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Demak adalah a) Pihak sekolah berusaha meningkatkan anggaran pelatihan-pelatihan kependidikan wasta, b) Memberikan pengertian dan motivasi kepada anak didik, c) Memilih metode mengajar yang tepat dan tidak menoton (variatif) d) Melengkapi fasilitas dan sarana e) Pendekatan pembelajaran yang inovatif, f) Memberikan pekerjaan rumah (PR).
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi. M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Munasir, M.M |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 400 Bahasa > 492.7 Bahasa Arab |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:22 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:22 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1679 |