M. WAHYU MUCHLIS FATAHILAH, 172610000404 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA BULUNGAN PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 172610000404_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 172610000404_BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3. 172610000404_BAB II.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
4. 172610000404_BAB III.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. 172610000404_BAB IV.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
6. 172610000404_BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. 172610000404_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. 172610000404_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
Abstract
Penellitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara pada tahun pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a). Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara? dan b). Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara? dan c). Bagaimana hasil pendidikan karakter peserta didik melalui manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara tahun pelajaran 2020-2021?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadits dimulai dengan perencanaan melalui silabus dan RPP, pengorganisasian kelas, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Faktor pendukung manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah kompetensi guru, sarana dan prasarana yang memadahi dan manajemen Kepal Madrasah yang baik. Sementara itu faktor penghambat manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah keterbatasan pada Pembelajaran Jarak Jauh karena pandemi, sulitnya kontrol peserta didik dan tidak semua peserta didik memiliki perangkat yang memadahi. Sedangkan manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadits berdampak pada hasil peningkatan nilai relijius dan menghagai prestasi dan tidak berdampak pada nilai kejujuran.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi TM, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, S.E., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Menejemen, Pembelajaran, Al-Qur’an Hadits, Pendidikan Karakter. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:15 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1677 |