Search for collections on Publications

PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MADRASAH ALIYAH IBTIDAUL FALAH TAHUN 2020 – 2021

YONGKY SEPTIAN ADI NUGROHO, 172610000537 (2021) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MADRASAH ALIYAH IBTIDAUL FALAH TAHUN 2020 – 2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 172610000537_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 172610000537_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 172610000537_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 172610000537_BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 3. 172610000537_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 172610000537_BAB II.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of 4. 172610000537_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 172610000537_BAB III.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 5. 172610000537_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 172610000537_BAB IV.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 6. 172610000537_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 172610000537_BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. 172610000537_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 172610000537_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 8. 172610000537_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 172610000537_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian kali ini secara umum adalah untuk mengetahui sebagai seorang supervisor, langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Untuk mengetahui sebagai seorang leader, langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. untuk mengetahui sebagai seorang manager, langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah. Alasan peneliti memilih madrasah ini dikarenakan MA Ibtidaul Falah memiliki banyak prestasi akademik maupun non akademik, Kepala Madrasah memiliki latar belakang pendidikan yang relative tinggi, MA Ibtidaul Falah berada di lingkungan pondok pesantren, MA Ibtidaul Falah berada di bawah Naungan Yayasan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, sumber datanya dari orang (people), dokumen (paper) dan tempat (place). Sedangkan untuk memperoleh data didapat dari informan dalam berbagai bentuk seperti catatan tertulis, dan foto. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri atas: Kepala sekolah, pimpinan yayasan, guru, dan tenaga administrasi. Dari hasil penelitian ini, dapat penulis simpulkan bahwa: (1) Kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru diwujudkan dengan melakukan kegiatan supervisi secara berkala dan berkelanjutan, tidak berhenti pada supervisi saja namun juga harus ada tindak lanjut dari hasil supervisi tersebut (2) Kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru diwujudkan dengan memberi suri tauladan kepada para gurunya, selanjutnya dengan kepala sekolah terlibat langsung dalam proses pembelajaran (3) Kepemimpinan kepala sekolah sebagai manager dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru diwujudkan dengan membuat perencanaan di awal, selanjutnya dengan menerapkan pola rekrutmen guru yang sesuai harapan sekolah, setelah itu diadakan pembinaan kepada para guru secara berkala, diadakan penerapan reward dan punishment

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Barowi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:50
Last Modified: 13 Jan 2022 03:50
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item
View Item