PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MULTIPLE CHOICE REASONING BERBASIS HIGH ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN 1 JEPARA

DIAN PUJI RAHAYU, 171310003834 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MULTIPLE CHOICE REASONING BERBASIS HIGH ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN 1 JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171310003834_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003834_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003834_BAB II.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003834_BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003834_BAB IV.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003834_BAB V.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003834_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003834_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan kebutuhan instrumen tes multiple choice reasoning berbasis HOTS mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 1 Jepara, (2) Untuk mendeskripsikan instrumen tes multiple choice reasoning berbasis HOTS mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 1 Jepara, (3) Untuk mendeskripsikan kualitas instrumen tes multiple choice reasoning berbasis HOTS dari analisis kualitatif dan kuantitatif pada mata pelajaran di MAN 1 Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan soal berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Fikih kelas X MA. Soal ini berbentuk pilihan ganda beralasan sebanyak 50 butir soal deangn mencakup taraf menganalisis, menilai dan mencipta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan diantaranya yaitu tahap analyze, tahap Design, tahap Development, tahap Implementation, dan tahap Evaluation. Adapun subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA di MAN 1 Jepara
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Untuk analisis kualitatif mencakup analisis kevalidan soal dari pakar ahli dan untuk analisis kuantitatif mencakup uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh pada setiap tahapnya. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa butir soal dalam kategori valid dan layak untuk diujicobakan. Kemudian hasil dari analisis kuantitatif diperoleh hasil kualitas akhir butir soal yaitu sebanyak 19 soal dalam kategori baik (38%), 9 soal dalam kategori cukup (18%), 13 soal dalam kategori kurang baik (26%), 6 soal dalam kategori jelek (12%), dan 3 soal dalam kategori jelek sekali (6%). Pengembangan soal ini sangat perlu dilakukan agar siswa terbiasa berpikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan dalam menyelesaiakn soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nusrotus Saidah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan intrumen tes, multiple choice reasoning, High Order Thinking Skills (HOTS), Fikih.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:49
Last Modified: 13 Jan 2022 03:49
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item