NURRUSY SYAFIQOH, 141310003224 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH MATHOLIUL ULUM BAKALAN KALINYAMATAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 141310003224_COVER.pdf - Published Version
Download (817kB) | Preview
2. 141310003224_BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3.141310003224_ BAB II.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
4. 141310003224_BAB III.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
5. 141310003224_BAB IV.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
6. 141310003224_BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. 141310003224_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. 141310003224_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan kelas pada kelas II Madrasah Diniyah Awaliyah Matholiul Ulum Bakalan Kalinyamatan Jepara pada pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an diantaranya ialah peserta didik mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran baca tulis dan kurangnya keefektifan waktu dalam proses pembelajaran saat berlangsung. Mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an pada Madrasah Diniyah Awaliyah Matholiul Ulum Bakalan Kalinyamatan Jepara merupakan pelajaran Imla’, Pegon dan Al-Qur’an. Materi pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an diharapkan mampu mengantarkan peserta didik untuk bisa membaca dan menulis. Untuk mencapai keberhasilan tindakan peneliti menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi Baca Tulis Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Baca Tulis Al-Qur’an dan bagaimana penerapannya pada kelas II Madrasah Diniyah Awaliyah Matholiul Ulum Bakalan Kalinyamatan Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan melalui: observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah melalui data kualitatif berupa data yang digambarkan dengan deskriptif dan data kuantitatif untuk data yang berupa angka.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an siswa kelas II Madrasah Diniyah Awaliyah Matholiul Ulum Bakalan Kalinyamatan Jepara dilakukan pada siklus I, siklus II, siklus III dan siklus IV dalam penelitian. Adapun tahapan yang dilakukan pada siklus I, siklus II, siklus III dan siklus IV yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, siklus II, siklus III dan siklus IV terdiri dari tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dilakukan dengan memuat kelompok-kelompok kecil. Dalam setiap kelompok terdapat satu siswa yang berperan menjelaskan materi pembelajaran yang disampaikan peneliti kepada teman dalam satu kelompok. Dan peneliti berperan menjadi fasilitator yang membimbing berjalannya proses pembelajaran. Dan pada tahap akhir dilakukan evaluasi dan penegasan materi oleh peneliti. 2) Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan penelitian mengenai model pembelajaran Reciprocal Teaching yang diterapkan pada siswa kelas II Madrasah Diniyah Awaliyah Matholiul Ulum Bakalan Kalinyamatan Jepara cukup efektif dalam meningkatakan kemampuan membaca siswa. Dari hasil penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat dilihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II Madrasah Diniyah Awaliyah Matholiul Ulum Bakalan Kalinyamatan Jepara. Hal tersebut berdasarkan pada hasil pengujian kemampuan membaca siswa pada siklus I, siklus II, siklus III dan siklus IV terdapat kenaikan sebesar 32% yaitu sebanyak 12 siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Khalimatus Sa’diyah, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran, Reciprocal Teaching, Baca Tulis Al-Qur’an |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 03:01 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 03:01 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1669 |