MUHAMMAD RIZQUL ADHIM, 161310003722 (2021) POLA PENDDIKAN AGAMA ISLAM ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA (Studi Kasus Di Desa Bandungharjo Donorojo Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003722_cCOVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003722_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003722_BAB II.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161310003722_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003722_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003722_BAB V.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
161310003722_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui pola pendidikan agama Islam anak keluarga tenaga kerja Indonesia di Desa Bandungharjo Donorojo Jepara. 2) Untuk mengetahui persoalan-persoalan pendidikan agama Islam anak keluarga tenaga kerja Indonesia di Desa Bandungharjo Donorojo Jepara. Penelitian di lakukan di di desa Bandungharjo Donorojo dengan objek penelitian 8 keluarga dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran (Mix Method) menggabungkan dua metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (Pengamatan), kuesoner dan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam anak-anak keluarga TKI didesa Bandungharjo kecamatan Donorojo dibagi menjadi 4 keluarga menerapkan pola pendidikan permissive-independent parenting, 2 keluarga menerapakan pola pendidikan otoriter, 1 keluarga menerapkan pola pendidikan demokratif dan 1 keluarga menerapkan pola pendidikan permissive-indulgent parenting. Anak yang di didik dengan pola pendidikan permissive-independent parenting cenderung kurang memiliki pendidikan agama Islam yang baik , anak yang di didik dengan pola pendidikan permissive-indulgent parenting memiliki pendidikan agama Islam yang tidak terlalu bagus dan anak yang didik dengan pola asuh otoriter dan demokratis memiliki pendidikan agama Islam yang cukup baik dan sangat terjamin pendidikan agama Islamnya. Persoalan-persoalan dalam pendidikan agama Islam anak pada keluarga TKI di bagi menjadi dua yaitu persolan internal meliputi kurangnya pengetahuan pengasuh, hilangnya seorang figur bapak/ibu pada anak dan usia rentan pada pengasuh dan faktor eksternal meliputi kesibukan orangtua/ pengasuh perkembangan teknologi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Darnoto, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Pola Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Tenaga Kerja Indonesia. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:45 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:45 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1658 |