Search for collections on Publications

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK HABIB UMAR BIN HAFIDZ DALAM KITAB MAQASHID HALAQATI AL TA’LIM WA WASAILUHA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

MUHAMMAD FAUZUL MUNA, 172610000472 (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK HABIB UMAR BIN HAFIDZ DALAM KITAB MAQASHID HALAQATI AL TA’LIM WA WASAILUHA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 172610000472_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 172610000472_COVER.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of 2. 172610000472_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 172610000472_BAB I.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of 3. 172610000472_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 172610000472_BAB II.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of 4. 172610000472_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 172610000472_BAB III.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 5. 172610000472_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 172610000472_BAB IV.pdf - Published Version

Download (872kB) | Preview
[thumbnail of 6. 172610000472_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 172610000472_BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 7. 172610000472_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 172610000472_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Diantara tujuan utama pendidikan dalam Islam adalah membentuk akhlak mulia dalam diri peserta didik. Mengingat begitu pentingnya posisi akhlak tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk membahas konsep pendidikan akhlak menurut seorang tokoh besar Islam pada saat ini. Sedangkan tokoh yang dipilih penulis dalam studi ini adalah seorang pemuka ulama’, pendidik (murobbi) dan da’i, yakni Habib Umar Bin Hafidz. Kajian ini berusaha untuk menggali pemikiran Habib Umar terkait dengan konsep akhlak dan relevansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research dan lebih fokus pada individual life history (studi tokoh). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tematis (tipical approach). Kemudian analisis yang digunakan adalah content analysis. Teks primer yang dikaji di sini adalah kitab Maqashid Halaqat al Ta’lim wa Wasailuha. Sedangkan teks sekundernya adalah karya-karyra orang lain tentang Pendidikan akhlak.
Hasil kajian terhadap beberapa teks terkait adalah bahwa manusia, khususnya peserta didik, penting untuk tertanam akhlak yang baik dalam dirinya dan tentu saja pendidikan akhlak merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Pendidikan akhlak dalam perspektif Habib Umar Bin Hafidz adalah salah satu diantara tawaran konsep tentang pendidikan akhlak yang ada. Dan pendidikan akhlak Habib Umar Bin Hafidz mempunyai relevansi dengan pendidikan karakter yang ada di sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, akhlak, Habib Umar Bin Hafidz.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:32
Last Modified: 13 Jan 2022 02:32
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item
View Item