AINUL CHAQ, 192610000660 (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA RELIGIUS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL QUR’AN TERPADU (SMPQT) AL HAMIDIYAH PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000660_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 192610000660_BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. 192610000660_BAB II.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
4. 192610000660_BAB III.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. 192610000660_BAB IV.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
6. 192610000660_BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. 192610000660_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. 192610000660_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religius Pada Sekolah Menengah Pertama Al Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) bagaimana manajemen pendidikan karakter berbasis budaya religius pada Sekolah Menengah Pertama Al Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?, b) Bagaimana hasil manajemen pendidikan karakter berbasis budaya religius pada Sekolah Menengah Pertama Al Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penilitian adalah penelitian survey/lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian a) Manajemen pendidikan karakter berbasis budaya religius dalam mengembangkan budaya religius SMPQT Al Hamidiyah Pati dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen kepala sekolah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi dalam mengembangkan budaya religius dilaksanakan dengan baik. b) dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius, siswa di sekolah, kepala sekolah dan guru memiliki posisi yang penting dalam mewujudkan karakter religius. Selain lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan masyarakat juga ikut berperan dalam membangun karakter pada siswa. Sedangkan aspek indikator budaya religius yang ada pada Sekolah Menengah Pertama Al Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Pati: berbuat jujur, rendah hati, bermanfaat bagi orang lain, dan sudah dijelaskan diatas, di Sekolah Menengah Pertama Al Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Pati yaitu sholat wajib, berdo’a membaca Asmaul Husna dan membaca Juz ‘Amma, sholat sunnah, jum’at bersih, jum’at taqwa dan jum’at literasi, dan berinfaq.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Budaya Religius |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:30 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:30 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1641 |