ABD. AZIZ, 182610000585 (2021) LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000585_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000585_BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. 182610000585_BAB II.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
4. 182610000585_BAB III.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. 182610000585_BAB IV.pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
6. 182610000585_BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. 182610000585_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
8. 182610000585_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian dilaksanakannya penelitian ini adalah menganalisis dan mendiskripsikan layanan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik, menganalisis dan mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik, serta mendiskripsikan hasil mengembangkan kedisiplinan peserta didik melalui layanan bimbingan dan konseling pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah meliputi wawancara/interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa layanan BK dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik pada sekolah menengah kejuruan (SMK) Walisongo Pecangaan Jepara. Didapatkan hasil bahwa ; dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling langkah yang ditempuh adalah adanya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangakan faktor pendukungnya adalah sumber daya guru, lingkungan dan wali murid yang mendukung pelaksanaan kedisiplinan, dengan faktor penghambat peserta didik yang belum konsisten dalam menjalankan nilai atau karakter yang sudah diajarkan. Adapun tentang hasil akhir dari pengembangan kedisiplinan pada lembaga ini adalah sudah adanya perubahan sikap, dan perubahan tingkah laku yang signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik, hal itu dikarenakan usaha yang konsisten dalam layanan bimbingan dan konseling serta didukung program sekolah yaitu adanya langkah pengembangan disiplin belajar, disiplin beribadah dan disiplin sikap.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Mustaqim, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan Dan Konseling, Disiplin |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.4 Konseling Sekolah 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.5 Disiplin Sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:27 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:27 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1638 |