MOH. CHOIRUL ANWAR, 192610000719 (2021) PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
1. 192610000719_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. 192610000719_BAB I.pdf - Published Version Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
3. 192610000719_BAB II.pdf - Published Version Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
4. 192610000719_BAB III.pdf - Published Version Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
5. 192610000719_BAB IV.pdf - Published Version Download (844kB) | Preview |
|
|
Text
6. 192610000719_BAB V.pdf - Published Version Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
7. 192610000719_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
8. 192610000719_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (728kB) | Preview |
Abstract
Kepala Sekolah sebagai pemimpin di sekolah berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, memotivasi, membimbing, serta membantu dalam meningkatkan kinerjanya melalui perilaku kepemimpinan dan kompetensi manajerial. Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam kapasitasnya sebagai manajer sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru. Penerapan perilaku kepemimpinan dan kompetensi manajerial itu dapat berpengaruh besar terhadap seluruh kerja unsur-unsur manajemen sekolah terutama terhadap kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh perilaku kepemipinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di MA Miftahul Huda tahun ajaran 2020/2021, (2) pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di MA Miftahul Huda tahun ajaran 2020/2021, (3) pengaruh perilaku kepemimpinan dan kompetensi manajerial secara bersama-sama terhadap peningkatan kinerja guru di MA Miftahul Huda tahun ajaran 2020/2021.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif secara expost facto. Pengumpulan data menggunakan angket terdiri dari variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi manajerial kepala sekolah, dan kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 orang. Uji validitas angket menggunakan Pearson Correlation dan Reliabilitas menggunakan Croncbach’s Alpha. Sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas. Sementara itu, uji hipotesis menggunakan uji-T, uji-F, analisis korelasi ganda (R), dan uji koefisien determinasi (R Square).
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dengan nilai t-hitung (3,745) > t-tabel (2,00958) pada sig. (0,000) < α = 0,05, tingkat hubungan yang sedang, dan besar pengaruh sebesar 22,6%. Semakin tinggi nilai perilaku kepemimpinan kepala sekolah maka semakin tinggi nilai kinerja guru. (2) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dengan nilai t-hitung (3,803) > t-tabel (2,00958) pada sig. (0,000) < α = 0,05, tingkat hubungan yang sedang, dan besar pengaruh sebesar 23,2%. Semakin tinggi nilai kompetensi manajerial kepala sekolah maka semakin tinggi nilai kinerja guru. (3) terdapat pengaruh yang signifikan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru secara simultan, dengan nilai F-hitung (13,574) > F-tabel (3,195) pada sig. (0,000) < α = 0,05. Persamaan regresi linear berganda diperoleh Y = 13,447 + 0,379 X1 + 0387 X2 yang mempunyai tingkat hubungan yang kuat dan besar pengaruh kedua variabel bebas sebesar 36,6%. Semakin tinggi nilai perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi manajerial kepala sekolah maka maka semakin tinggi nilai kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Kepemimpinan, Kompetensi Manajerial, Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 02:48 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 02:48 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |