MUHAMAD MUSLIH, 171310003905 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM CERITA WAYANG KULIT SEMAR MBANGUN KAYANGAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171310003905_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171310003905_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171310003905_BAB II.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
171310003905_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171310003905_BAB IV.pdf - Published Version
Download (15MB) | Preview
171310003905_BAB V.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
171310003905_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171310003905_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam cerita wayang kulit Semar Mbangun Kayangan. 2. Untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam cerita wayang kulit Semar Mbangun Kayangan di lingkungan keluarga. Penelitian ini merupakan peneitian kepustakaan, dilihat dari cara dan taraf pembahasanya penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan mencari informasi dari buku maupun dengan melihat video wayang tersebut. Kemudian data yang telah dikumpulkan di analisis dengan menggunkan content analysis atau disini dinamakan kajian isi.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat berbagai nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam lakon Semar Mbangun Khayangan. meliputi nilai pendidikan tauhid/akhidah, ibadah, dan akhlak. Nilai-nilai pendidikan Islam disampiakan kepada audience dengan pendekatan Budaya Jawa. Penyampaian materi tauhid, ibadah, dan akhlak disampaikan dengan term-term Jawa untuk memudahkan pemahaman audience yang sebagian besar masih awam. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lakon Semar Mbangun Khayangan dapat juga diimplementasikan dalam lingkungan keluarga, antara lain a. Nilai Akidah, implementasinya dengan selalu mengajarkan kepada anaknya untuk selalu ingat kepada Allah Swt dengan cara baik, lembut dan kasih sayang, selain itu juga harus memahani tingkat usia mereka. b. Nilai Ibadah, 1). membantu orang tua dalam melaksanakan kebaikan, contohnya ketika orang tua ingin melakukan hajat yang baik sebagai anak harus membantunya, seperti ingin membangun masjid membantu dalam bentuk tenaga dengan ikut dalam proses pembangunan masjid, dan mengadakan santunan anak yatim dengan ikut membantu dalam bentuk dana. 2). mencegah berbuat munkar dalam keluarga, contohnya menolak perintah orang tua memerintahkan untuk berbohong dan mencegah anak untuk mencontek saat ulangan. c. Nilai akhlak, yaitu 1). kasih sayang kepada anggota keluarga, contohnya dengan ucapkan salam dan mencium tangan orang tua saat pergi sekolah, membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah dan menjaga adik. 2). berbakti kepada orang tua, contohnya bertutur kata yang sopan kepada orang tua, merawat orang tua yang sudah tua dan mendoakan orang tua untuk kebaikannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Khalimatus Sa’diyah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Wayang Kulit, Nilai-Nilai Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 02:16 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 02:16 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1605 |