RONA NUR RIFQIA, 171310003801 (2021) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PANCASILA SILA KEDUA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171310003801_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171310003801_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171310003801_BAB II.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
171310003801_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171310003801_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
171310003801_BAB V.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
171310003801_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171310003801_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Pancasila sila kedua. (2) Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Pancasila sila kedua di lingkungan sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Peneliti memperoleh data yang bersumber dari literatur seperti buku, artikel, dan jurnal. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Berdasarkan penggalian data dan analisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam dalam Pancasila sila kedua dan implementasinya di lingkungan sekolah. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Pancasila sila kedua mencakup tiga nilai, yaitu: (1) nilai kemanusiaan; (2) nilai adil; dan (3) nilai adab. Nilai kemanusiaan pada Pancasila sila kedua terkandung dalam butir-butir pengamalan Pancasila sila kedua pada butir pertama, ketiga, kelima, keenam, dan ketujuh. Nilai adil pada Pancasila sila kedua terkandung dalam butir-butir pengamalan Pancasila sila kedua pada butir kedua dan kedelapan. Sedangkan nilai adab pada Pancasila sila kedua terkandung dalam butir-butir pengamalan Pancasila sila kedua pada butir keempat dan kesepuluh. Selanjutnya, implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Pancasila sila kedua di lingkungan sekolah terdiri dari tiga bentuk implementasi, yaitu implementasi nilai kemanusiaan di lingkungan sekolah, implementasi nilai adil di lingkungan sekolah, dan implementasi nilai adab di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Khalimatus Sadiyah, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Pancasila, Sila Kedua. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 01:37 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 01:37 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1598 |