PUJI SULISTYAWATI, 192610000654 (2021) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000654_COVER.pdf - Published Version
Download (997kB) | Preview
2. 192610000654_BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. 192610000654_BAB II.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
4. 192610000654_BAB III.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. 192610000654_BAB IV.pdf - Published Version
Download (857kB) | Preview
6. 192610000654_BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. 192610000654_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
8. 192610000654_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang supevisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah a) Bagaimana supevisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021? b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru melalui supervisi kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021? c) Sejauh mana hasil peningkatan kompetensi kepribadian guru melalui supervisi kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian menggunakan pendekatakan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah deskriptif analitik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah : a) Supevisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru : (1) Perencanaan Supervisi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara : Rencana Pelaksanaan Supervisi disusun berdasarkan hasil evaluasi dan analisis pelaksanaan supervisi akademik tahun sebelumnya. (2) Pelaksanaan Supervisi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara: Supervisi secara Luring dan Supervisi secara Daring. (3) Evaluasi Supervisi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara : Mengindentifikasi hasil pengamatan, Menganalisis hasil supervisi, Mengevaluasi bersama antara supervisor dengan guru, Membuat catatan hasil supervisi yang didokumentasikan sebagai laporan. b) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru : (1) Faktor Pendukung : Faktor-faktor dari guru, Dorongan dan dukungan dari kepala SMK N 1 Jepara, Faktor sarana dan prasarana, Peserta didik (2) Faktor Penghambat : Faktor-faktor dari dalam diri sendiri guru, penguasaan teknologi informasi yang masih rendah, Faktor sosial, Budaya kerja. c) Hasil dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru melalui Supervisi Kepala Sekolah : Mampu meningkatkan profesionalisme guru dalam hal Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia; Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat; Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa; Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri; Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian Guru, Supervisi Kepala Sekolah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 07:03 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 07:03 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1578 |