SULIKAN, 192610000682 (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN KOTA PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1 192610000682_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 192610000682_BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3. 192610000682_BAB II.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
4. 192610000682_BAB III.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. 192610000682_BAB IV.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
6. 192610000682_BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. 192610000682_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
8. 192610000682_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini ialahuntuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Kota Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam tesis ini a) adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Kota Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? b) adakah pengaruh motivasi mengajar terhadap hasil belajar siswa pada Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Kota Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? C) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Kota Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif hubungan kausal, yang dilakukan untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependen (variabel yang dipengaruhi).
Hasil Penelitian ini adalah (1) Adanya pengaruhKompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari nilai t hitung5.297yang lebihbesardari t tabel2.004. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baiknya kompetensi pedagogik yang dilakukan guru, maka dapat meningkatkan hasil belajar di MA se-kecamatan Pati Tahun Pelajaran 2020/2021.(2) Motivasi mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari nilai t hitung 4.293 yang lebihbesardari t tabel2.004, serta nilai signifikansi yang lebih kecil dibandingkan dengan 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baiknya motivasi mengajar, maka dapat meningkatkan hasil belajar di MA se-kecamatan Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Kompetensi pedagogik dan motivasi mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dapat dilihat nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel nilai Adjusted R-Square sebesar 0,402 menunjukkan bahwa proporsi pengaruh variabel kompetensi pedagogik, dan motivasi mengajar terhadap variabel hasil belajar sebesar 40,2 %. Sedangkansisanya 59,8% (100% - 40,2 %) di pengaruhiolehvariabel lain yang tidakadadalam model regresi linier.Serta nilai signifikansi yang lebih kecil dibandingkan dengan 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baiknya kompetensi pedagogik dan motivasi mengajar, maka dapat meningkatkan hasil belajar di MA se-kecamatan Pati Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Mengajar, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 07:00 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 07:00 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1575 |