NURUL HIDAYATI, 192610000687 (2021) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DAARUL ‘ULUM TLOGOWUNGU PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000687_COVER.pdf - Published Version
Download (992kB) | Preview
2. 192610000687_BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. 192610000687_BAB II.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
4. 192610000687_BAB III.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. 192610000687_BAB IV.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
6. 192610000687_BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. 192610000687_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
8. 192610000687_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan penelitian ini adalah: a) bagaimana supervisi akademik kepala madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?, b) apa faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik kepala madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?, c) sejauhmana hasil peningkatan pembelajaran melalui supervisi akademik kepala madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?.
terkait dengan supervisi akademik kepala madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati. Data dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data dalam proposal penelitian ini mengikuti langkah-langkah model milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: a) Implementasi supervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati dilakukan di awal semester dengan menyusun program supervisi pendidikan, memuat jadwal supervisi pelaksanaan dan disosialisasikan kepada para guru. B) Faktor penghambat : (1) beberapa guru belum mampu menyampaikan materi dengan baik karena kurang terampil dalam memanfaatkan teknologi, (2) kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring/ online, (3) beberapa siswa tidak memiliki HP android, (4) beberapa siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Faktor pendukung : (1) pembinaan terhadap isi dan konsep berpikir kurikulum, (2) fasilitas internet, (3) buku-buku madrasah, (4) sosialisasi program supervisi akademik, (5) sebagian guru sudah tersertifikasi, (6) sarana dan prasarana sebagai penunjang pembelajaran tercukupi. C) Guru telah memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian guna keperluan pengajaran.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Barowi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pembelajaran, Supervisi Akademik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 06:54 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 06:54 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1570 |