NOOR KHASANAH, 192610000686 (2021) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000686_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 192610000686_BAB I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. 192610000686_BAB II.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
4. 192610000686_BAB III.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. 192610000686_BAB IV.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
6. 192610000686_BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. 192610000686_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8. 192610000686_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan penelitian ini adalah: a) Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?, b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi kerja guru melalui peran kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?, c) Sejauh mana hasil peningkatkan motivasi kerja guru melalui peran kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis deskripstif analitic terkait dengan Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati. Data dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primernya adalah kepala madrasah pada MAN 1 Pati. Teknik pengumplan data melalui 1) pengamatan (observasi), 2) wawancara (interview) dengan kepala madrasah dan guru MAN 1 Pati untuk memperoleh data mengenai penerapan media pembelajaran berbasis Information Technology (IT) dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati, 3) dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam tesis penelitian ini mengikuti langkah-langkah model Milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: a) Peran kepala madrasah untuk meningkatkan motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati dengan cara menanamkan nilai-nilai spritual dan akhlakul karimah, memberikan keteladanan dan pembiasaan dalam pelaksanan tugas sesuai tugas dan fungsinya sebagai Guru dan Staff Administrasi, pemberian kompensasi yang sesuai, serta pemberian reward kepada guru.b) Adanya system kebijakan dan kedisplinan guru yang telah ditetapkan oleh kepala madrasah. Hal ini terlihat dengan adanya peraturan tentang kedisiplinan guru, guru tidak memiliki hambatan bekerja dari dalam diri sendiri hal tersebut karena guru memang tulus untuk mengabdi dan ingin memiliki generasi penerus yang berprestasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati. c) Kepala madrasah memotivasi guru dengan memberikan reward/pujian yang memacu semangat guru.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Barowi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Kerja Guru, Kepala Madrasah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 06:53 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 06:53 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1568 |