Search for collections on Publications

PENGEMBANGAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK MELALUI MANAJEMEN KESISWAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SATU KAYEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MOH IMRON, 192610000673 (2021) PENGEMBANGAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK MELALUI MANAJEMEN KESISWAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SATU KAYEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 192610000673_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 192610000673_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 192610000673_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 192610000673_BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 3. 192610000673_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 192610000673_BAB II.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of 4. 192610000673_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 192610000673_BAB III.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 5. 192610000673_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 192610000673_BAB IV.pdf - Published Version

Download (909kB) | Preview
[thumbnail of 6. 192610000673_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 192610000673_BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. 192610000673_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 192610000673_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 8. 192610000673_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 192610000673_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Moh. Imron. (NIM. 192610000673)."Pengembangan Prestasi Nonakademik Peserta Didik Melalui Manajemen Kesiswaan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kayen Tahun Pelajaran 2020/2021”. Tesis. Jepara: Program Pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU), 2021.
Pengembangan Prestasi Nonakademik sebagai wahana untuk meningkatkan potensi peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kayen, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratisserta bertanggung jawab. Tetapi dalam kenyataannya pengembangan Prestasi Nonakademik belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya manajemen kesiswaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kayen yang efektif berdaya guna dan berhasil guna.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan prestasi nonakademik peserta didik melalui manajemen kesiswaan; (2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengembangan prestasi nonakademik peserta didik melalui manajemen kesiswaan; (3) mendeskripsikan hasil pengembangan prestasi nonakademik peserta didik setelah dilaksanakannya manajemen kesiswaan di SMA Negeri 1 Kayen pada tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kayen. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, guru/pembimbing, pengawas, komite sekolah, dan peserta didik. Data penelitian diperoleh dari primer dan sekunder. Sumber data dari informan, dokumen atau arsip, sumber pustaka, dan hasil penelitian yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam tentang manajemen kesiswaan dalam meningkatkan bakat dan minat siswa. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi dan perpancangan keikutsertaan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode induksi dan metode deduksi dengan model interaktif Milles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan/verifikasi.
Hasil analisis data dan temuan penelitian disimpulkan (1) pengembangan prestasi nonakademik peserta didik melalui manajemen kesiswaan peserta didik di SMA Negeri 1 Kayen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut; (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen kesiswaan untuk pengembangan prestasi nonakademik peserta didik berasal dari internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: sumber daya manusia, metode, materi, waktu, sarana dan prasarana serta pembiayaan. Faktor eksternal berasal dari luar lembaga yaitu: dukungan dari wali murid, donatur, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah; (3) hasil pengembangan prestasi nonakademik peserta didik setelah dilaksanakannya manajemen kesiswaan yaitu: tertatanya manajemen kinerja sistem dan komponen sistem serta memperoleh kejuaraan dari berbagai turnamen maupun lomba baik di bidang olahraga maupun bidang seni budaya.
Saran yang disampaikan kepada pengawas, kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, guru, komite dan peserta didik mengimplementasikan manajemen kesiswaan dengan optimal, efektif dan efisien sehingga prestasi nonakaemik dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Nonakademik, Sekolah Menengah Atas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:08
Last Modified: 10 Jan 2022 02:08
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item
View Item