SITI UMMUL KHOIRIYAH, 151310003384 (2021) PERAN PROGRAM MORNING FUN DALAM UPAYA MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA (Studi Kasus Di Ma Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003384_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003384_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003384_BAB II.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
151310003384_BAB III.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
151310003384_BAB IV.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
151310003384_BAB V.pdf - Published Version
Download (966kB) | Preview
151310003384_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003384_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1). Rumusan program morning fun, (2). Strategi pelaksanaan program morning fun di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara, (3). Peran program morning fun dalam upaya meningkatkan life skill siswa di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Tehnik pengambilan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa,1.Rumusan program morning fun di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara meliputi 4 tahapan, yaitu: (a). Tahap perencanaan yang dilakukan di awal tahun pelajaran ketika penyusunan program kerja atau program madrasah yang dilaksanakan oleh kepala madrasah tersebut yang tertuang pada Rencana Strategis Madrasah (RENSTRA). (b).Tahap pengorganisasian dilakukan dengan cara membagikan angket yang dibuat madrasah kepada siswa. (c)Tahap pelaksanaan kegiatan morning fun dilakukan setiap hari senin pagi seminggu sekali. (d).Tahap evaluasi bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang masih mengalami kekurangan dan merancang atau menyiapkan kembali program keterampilan baru yang lebih baik dengan metode pengajaran yang lebih baik pula agar nantinya bisa lebih maksimal. 2. Strategi pelaksanaan program morning fun di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara melalui tiga proses yaitu:(a).Identifikasi tujuan yaitu mengidentifikasi dari masing-masing kegiatan, baik kegiatan umum, agama, dan seni. (b).Proses penyeleksian di lakukan baik dari jenis kegiatan yang dikembangkan pendidiknya, maupun siswanya. (c).Pengorganisasian, kepala madrasah maupun guru pembina menentukan tugas masing-masing personil. Kepala madrasah memberikan tugas kepada guru pembina sesuai dengan bidangnya, demikian juga guru pembina menentukan tugas masing-masing siswa sesuai bakat yang dimilikinya. 3. Peran program morning fun dalam upaya meningkatkan life skill siswa dimana kegiatan ini sebagai sarana atau wahana untuk menyalurkan bakat peserta didik, menyalurkan imajinasi berkarya, mengasah dan meningkatkan skill yang dimiliki, melatih kedisiplinan, kesabaran, tanggung jawab dan juga kerjasama antar sesama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Darnoto, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Program Morning Fun, Dan Life Skill |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 02:05 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 02:05 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1561 |