UBAIDILLAH, 161310003638 (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL KE-NU-AN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN AHLUSSUNAH WALJAMAAH (Studi Kasus Di Mi Assalam Kancilan Kembang Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003638_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003638_BAB I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161310003638_BAB II.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
161310003638_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003638_BAB IV.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003638_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003638_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003638_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Kurikulum Mulok Ke-NU-an berarti untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai aswaja dan Ke-Nu-an secara keseluruhan peserta didik , sehingga menjadi muslim yang terus berkembang dalam keyakinan , ketaqwaan, kepada Alloh SWT, serta berahlaq mulia sebagai individu maupun anggota masyarakat,sesuai dengan tuntunan ajaran islam berhaluan Ahlussunah Waljamaah
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum muatan lokal ke-NU-an dalam membentuk kepribadian ahlussunah waljamaah di MI Assalam Kancilan Kembang Jepara. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi kurikulum muatan lokal ke-NU-an dalam membentuk kepribadian ahlussunah waljamaah di MI Assalam Kancilan Kembang Jepara.
Penelitian ini termasuk ( Filed Research ) yang bersifat kualitatif . pada dasarnya penelitian ini adalah deskriptif kualitatif , sebagai upaya memberikan gambaran secara komprehensif mengenai Implementasi kurikulum muatan lokal ke-NU-an dalam membentuk kepribadian ahlussunah waljamaah di MI Assalam Kancilan Kembang Jepara Hasil penelitian ini adalah implementasi kurikulum muatan lokal ke-NU-an dalam membentuk kepribadian ahlussunah waljamaah adalah 1) Pelaksanaan muatan lokal ke-NU-an dalam membentuk kepribadian ahlussunah waljamaah dalah dengan mengimpletasikan nilai tasamuh (toleransi), nilai tawasuth (moderat), nilai i’tidal (adil), nilai amar ma’ruf nahi munkar, dan nilai tawazun (keseimbangan).sedangkan Faktor pendukungnya adalah guru, peserta didik, sarana dan prasarana, dan lingkungan madrasah yang baik. Faktor penghambatnya adalah kualifikasi guru, keterbatasan waktu, dan rendahnya minat peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Alex Yusron Al Mufti .S.Ag.,M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Muatan lokal Ke-Nu-An ,Kepribadian Ahlussunah waljamaa |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.6 Organisasi Islam > 2X6.612 Nahdlatul Ulama 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 02:02 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 02:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1559 |