LUTFIATUL FUADAH, 161310003572 (2021) KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MENURUT HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL-HADDAD DALAM KITAB ADABISSULUK AL-MURID (Perspektif Pendidikan Nilai). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003572_COVER.pdf - Updated Version
Download (2MB) | Preview
161310003572_BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
161310003572_BAB II.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
161310003572_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003572_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003572_BAB V.pdf - Published Version
Download (850kB) | Preview
161310003572_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003572_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Konsep kompetensi kepribadian guru dalam kitab Adabissuluk Al-Murid karya habib Abdullah bin Alawi Al-haddad “perspektif pendidikan nilai”, (2) Relevansi dari konsep kompetensi kepribadian guru dalam kitab Adabissuluk Al-Murid karya habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad “perspektif pendidikan nilai” dengan kompetensi guru, (3) Implikasi dari konsep kompetensi kepribadian guru dalam kitab Adabissuluk Al-Murid karya habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad “perspektif pendidikan nilai” dengan pendidikan Islam.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (Library Research), penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data berupa teknik content analysis (analisis isi), ada tiga pendekatan berpikir yang digunakan dalam menganalisis data kepustakaan, yang pertama induktif yakni dengan mengembangkan gagasan yang telah ditemukan oleh pakar, kedua deduktif yang berarti menarik sebuah sintesis pembahasan dari beragam sumber yang ditemukan para ahli, dan ketiga deskriptif yakni peneliti mengemukakan, menggambarkan serta menguraikan berbagai teori dan data yang telah ada yang relevan dengan penelitian.
Hasil penelitian yang diteliti penulis dapat disimpulkan bahwa, konsep kompetensi kepribadian guru menurut Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad Perspektif pendidikan Nilai ada dua: (1) satunya ucapan dan perbuatan, dalam karyanya beliau selalu menekankan dan memberi nasihat untuk selalu memperhatikan hati dan batin. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menyatukan ucapan dengan amal, (2) tanggung jawab, yaitu murid yang berada jauh dari tempat keberadaan gurunya, maka guru itu akan memelihara muridnya melalui isyarat-isyarat (signal) dari hati guru kepada hati muridnya. Keduanya mengandung pendidikan nilai spiritual, karena pemikiran beliau Habib Abdullah bin Alawi Al-haddad tentang kompetensi kepribadian guru dalam Kitab Adabissuluk Al-Murid bercorak tasawuf.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Ahmad Ali Munir, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian Guru, Pendidikan Nilai, Adabissuluk Al-Murid |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 02:01 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 02:01 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1558 |