PARTI, 192610000695 (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000695_COVER.pdf - Published Version
Download (921kB) | Preview
2. 192610000695_BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. 192610000695_BAB II.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
4. 192610000695_BAB III.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. 192610000695_BAB IV.pdf - Updated Version
Download (414kB) | Preview
6. 192610000695_BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. 192610000695_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. 192610000695_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan budaya religius peserta didik melalui program ekstrakurikuler pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021, Rumusan masalah penelitian ini adalah: A) Bagaimana strategi pengembangan budaya religius peserta didik melalui program ekstrakurikuler pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? B) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan budaya religius peserta didik melalui program ekstrakurikuler pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? C) Sejauhmana hasil pengembangan budaya religius peserta didik melalui program ekstrakurikuler pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis deskripstif analitic terkait dengan strategi pengembangan budaya religius peserta didik melalui program ekstrakurikuler pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati. Data dan sumber data berupa data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian ini adalah: A) Dari hasil analisis dokumentasi juga diperoleh informasi bahwa perencanaan budaya religius dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler menunjukkan bahwa budaya religius di Madrasah Aliya Negeri 1 Pati sudah berjalan dengan baik, walaupun belum ada Standar Operating Procedure (SOP) untuk pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang mencerminkan budaya religius. B) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan budaya religius peserta didik melalui program ekstrakurikuler pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dilakukan dengan penjadwalan secara rutin selama satu minggu sekali. Upaya yang dilakukan dalam menanamkan nilai religius siswa dengan cara memasukkan siraman rohani, keteladanan, pembiasaan ke dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan tersebut. C) Hasil pengembangan budaya religius peserta didik melalui program ekstrakurikuler pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dapat dilihat dari keantusiasan siswa yang dilihat dari absensi yang termasuk dalam nilai ibadah dan pembiasaan, dan rapor madrasah yang dijadikan sebagai muatan lokal yang termasuk dalam nilai cinta terhadap kitabullah
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Barowi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler dan Budaya Religius |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:58 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:58 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1553 |