SRI MURNIYATI, 192610000680 (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL TAHFIDZUL Al-QUR’AN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000680_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 192610000680_BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
3. 192610000680_BAB II.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
4. 192610000680_BAB III.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. 192610000680_BAB IV.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
6. 192610000680_BAB V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. 192610000680_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
8. 192610000680_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Muatan Lokal Tahfidzul Al-Qur’an pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah a) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan hasil pembelajaran muatan lokal Tahfidzul Al-Qur’an pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil pembelajaran muatan lokal Tahfidzul Al-Qur’an melalui kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? c) Sejauhmana hasil pembelajaran muatan lokal Tahfidzul Al-Qur’an melalui kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian menggunakan pendekatakan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian survey/lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yag terkumpul akan dianalisi dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah : a) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan hasil pembelajaran muatan lokal Tahfidzul Al-Qur’an pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021: (1) Perencanaan Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an, memuat materi pelajaran, penggunaan media pembelajaran, metode pembelajaran dan penilaian dalam alokasi waktu. (2) Pengorganisasian Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an, terdapat skema struktur organisasi guru pengampu pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an. (3) Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an, Dalam proses pembelajaran guru sebagai pemimpin berperan dalam mempengaruhi atau memotivasi peserta didik agar mau melakukan pekerjaan yang diharapkan. (4) Evaluasi Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an, mencakup evaluasi hasil belajar dan evaluasi proses pembelajaran. b) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an : Faktor Pendukung : faktor usia peserta didik, faktor kecerdasan peserta didik, faktor tujuan dan minat menghafal. Faktor Penghambat : munculnya sifat malas pada diri peserta didik, kesulitan peserta didik dalam menghafal, kelupaan peserta didik terhadap ayat-ayat yang telah dihafal. c) Hasil pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an melalui peran kepemipinan kepala madrasah : adanya penigkatan hasil belajar Tahfidzul Al-Qur’an yaitu adanya peningkatan hafalan Al-Qur’an yang telah dicapai peserta didik.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Tahfidzul Al-Qur’an, dan Kepemimpinan Kepala Madrasah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:56 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:56 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1550 |