IMROATUL HABIBAH, 161310003553 (2021) KONSEP MENUNTUT ILMU DALAM KITAB MA’ALIMUL IRSYADIYAH LI SHINA’ATI THOLABIL ILMI KARYA MUHAMMAD AWWAMAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003553_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003553_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
161310003553_BAB II.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161310003553_BAB III.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003553_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
161310003553_BAB V.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
161310003553_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pendidikan di era revolusi industri 4.0. (2) Untuk mengetahui konsep menuntut ilmu dalam kitab Ma’alimul Irsyadiyah Li Shina’ati Tholabil Ilmi karya Muhammad Awwamah. (3) Untuk mengetahui implikasi konsep menuntut ilmu dalam kitab Ma’alimul Irsyadiyah Li Shina’ati Tholabil Ilmi karya Muhammad Awwamah terhadap pendidikan di era revolusi industri 4.0.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian Pustaka dengan pendekatan kualitatif.
Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis data yaitu analysis content atau isi, induktif, kontekstual dan menarik kesimpulan. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan di era revolusi industri 4.0 memiliki karakteristik critical thinking and problem solving skill, communication and collaboration skills, creativity and innovation skills, information and communications technology literacy, contextual learning skills, dan information and social media skills. (2) Etika menuntut ilmu dalam kitab Ma’alimul Irsyadiyah Li Shina’ati Tholabil Ilmi terdiri dari ikhlas, mengerti pentingnya ilmu, memaksimalkan kecerdasan, mengatur waktu, tingginya cita-cita, fokus, menjalin hubungan dengan teman, memperoleh ilmu dari beberapa guru, memilih guru, menjalin hubungan dengan guru, sopan santun, sabar dan tidak putus asa, mempersiapkan pembelajaran dan mengulang-ulang pembelajaran, diskusi, dan bertanya. (3) Implikasi menuntut ilmu dalam kitab Ma’alimul Irsyadiyah Li Shina’ati Tholabil Ilmi dengan pendidikan di era revolusi industri 4.0 yaitu adanya keterkaitan karakteristik pendidikan era 4.0 dengan etika menuntut ilmu menurut Muhammad Awwamah, namun karakteristik berupa creativity and innovation skills tidak terdapat pada pembahasan etika menuntut ilmu menurut Muhammad Awwamah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Muhammad Natsir, S.S., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Revolusi Industri 4.0, Etika Menuntut Ilmu |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:52 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:52 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1548 |