NANANG FADHOLI, 161310003696 (2021) PENERAPAN METODE MUSYAWARAH SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SANTRI PONDOK PESANTREN FADLLU ROBBIRROHIEM PANGGANG PULO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003696_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003696_BAB I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161310003696_BAB II.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003696_BAB III.pdf - Accepted Version
Download (6MB) | Preview
161310003696_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
161310003696_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003696_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003696_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk Mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode musyawarah dalam meningkatkan critical thinking santri Pondok Pesantren Fadllu Robbirroiem Panggang Pulo Jepara. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode musyawarah dalam meningkatkan critical thinking santri Pondok Pesantren Fadllu Robbirroiem Panggang Pulo Jepara.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui penerapan metode musyawarah di Pondok Pesantren Fadllu Robbirroheim Panggang Pulo Jepara, dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode musyawarah dalam meningkatkan critical thinking santri Pondok Pesantren Fadllu Robbirroiem Panggang Pulo Jepara. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknis analisis data yaitu reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan musyawarah terbagi menjadi dua yaitu (1) Musyawarah kitab Nahwu Shorof (2) Musyawarah kitab Fathul Qorib. Faktor pendukung dalam musyawarah yaitu, Kesadaran santri, Teman satu kelompok, Teman beda kelompok, Materi yang dibahas, Kepedulian tim musyawirin, Referensi yang cukup memadai, Sanksi yang cukup tegas. Sedangkan faktor penghambat musyawarah yaitu Kurangnya minat santri, Mental yang lemah, Kurangnya pemahaman santri, Keterbatasan waktu, Kondisi kesehatan santri, Kemampuan santri dalam menyampaikan pendapat
Manfaat dari penerapan metode musyawarah dapat membentuk karakter seorang peserta didik menjadi disiplin, berani berpendapat, menerima pendapat orang lain, rasa ingin tahu, kerja keras, memiliki rasa tanggung jawab, dan berfikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Alex Yusron Al Mufti, S.Ag., M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Musyawarah, Critical Thinking |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:50 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:50 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1546 |