AKHMAD LUTFIN NIAM, 192610000693 (2021) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MADRASAH ALIYAH DAARUL ‘ULUM TLOGOWUNGU PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000693_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 192610000693_BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. 192610000693_BAB II.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
4. 192610000693_BAB III.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. 192610000693_BAB IV.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
6. 192610000693_BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. 192610000693_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
8. 192610000693_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah a) Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Aliyah Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? b) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kinerja guru melalui peran kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2020/2021? c) Sejauhmana hasil peningkatan kinerja guru melalui peran kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Daarul ‘Ulum Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2020/2021?
Penelitian menggunakan pendekatakan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian survey/lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yag terkumpul akan dianalisi dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah : a) peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru : kepala madrasah sebagai supervisor, Kepala madrasah sebagai educator, Kepala madrasah sebagai motivator, Kepala madrasah sebagai leader, Kepala madrasah sebagai administrator, Kepala madrasah sebagai manajer, Kepala madrasah sebagai inovator. b) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kinerja guru melalui peran kepala madrasah (1) Faktor Pendukung : kelengkapan sarana prasarana, antusias dari guru. Faktor Penghambat: Motivasi guru dan dukungan orang tua siswa/lingkungan masyarakat. c) Hasil peningkatan kinerja guru melalui peran kepala madrasah: (1) Perencanaan pembelajaran : program semesteran, program rencana pembelajaran, kalender pendidikan. (2) Pelaksanaan pembelajaran : Pelaksanaan pembelajaran didasarkan pada potensi perkembangan dan kondisi siswa untuk menguasai pelajaran. dan pembelajaran dilakukan dengan suasana yang kondusif sehingga hubungan antara pendidik dan siswa saling menghargai. (3) Evaluasi pembelajaran : kegiatan evaluasi yang telah dilaksanakan kepala sekolah antara lain adalah evaluasi pembelajaran secara keseluruhan, evaluasi pembelajaran dalam supervisi kelas, supervisi administrasi pembelajaran pembelajaran, supervisi pelaksanaan praktikum di labolatorium, supervisi penyelenggaraan tugas perpustakaan, supervisi kegiatan olahraga, kesenian, kerohanian, dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Barowi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru,Peran Kepala Madrasah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:46 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:46 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1544 |