FAKHRI ROSYADI, 161310003684 (2021) PEMIKIRAN KH. MA SAHAL MAHFUDH TENTANG INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN DAN PERGURUAN TINGGI. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
161310003684_COVER.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
161310003684_BAB I.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
161310003684_BAB II.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
161310003684_BAB III.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
161310003684_BAB IV.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
161310003684_BAB V.pdf - Published Version Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
161310003684_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mendiskripsikan bagaimana pemikiran KH. MA Sahal Mahfudh tentang kurikulum pendidikan Islam di pesantren (2) untuk mendiskripsikan bagaimana pemikiran KH. MA Sahal Mahfudh tentang kurikulum pendidikan Islam di perguruan tinggi. (3) untuk mendiskripsikan bagaimana pemikiran KH. MA Sahal Mahfudh tentang integrasi pendidikan Islam di pesantren dengan perguruan tinggi.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan library research yaitu data yang dikumpulkan berasal dari dokumen-dokumen kepustakaan, baik berupa buku, jurnal, artikel, makalah, dan sumber pustaka yang mempunyai kaitan dengan judul yang diangkat oleh penulis, yaitu pemikiran KH. MA Sahal Mahfudh tentang integrasi kurikulum pendidikan Islam di pesantren dan perguruan tinggi data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan taknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi.
Dari hasil pustaka ini, ditemukan bahwa: (1) pemikiran kurikulum pendidikan pesantren dan perguruan tinggi KH. MA Sahal Mahfudh dilatar belakangi oleh pemikirannya tentang tanggung jawab manusia sebagai khalifah di bumi, di antaranya untuk melestarikan tanggung jawab tersebut adalah melalui pendidikan pesantren dan perguruan tinggi (2) menurut KH. MASahal Mahfudh, secara lebih kongkrit tujuan pendidikan pesantren dan perguruan tinggi adalah untuk mempersiapkan manusia yang salih dan akram sehingga dapat tercapai tujuan akhirnya yaitu sa’adat al-darayn (3) kurikulum pendidikan pesantren menurut KH. MA Sahal Mahfudh harus relevan, fleksibel, dan memiliki integritas. Oleh karena itu, KH. MA Sahal Mahfudh pada madrasahnya menerapkan kurikulum mandiri, dengan mengkombinasi antara mata pelajaran agama dan mata pelajaran umum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Alex Yusron Al Mufti, S.Ag., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pesantren, Perguruan Tinggi, Kurikulum, KH. MA Sahal Mahfudh |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:36 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:36 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |