AHMAD FIKRI AL AILLAH, 161310003707 (2021) NILAI-NILAI FAHAM WAHABI DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH (Studi Kasus Terhadap Pembelajaran Nilai-Nilai Faham Wahabi Di Ma Amtsilati Dan Ma Shofa Marwah Kelas X). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003707_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003707_BAB I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161310003707_BAB II.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
161310003707_BAB III.pdf - Published Version
Download (16MB) | Preview
161310003707_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003707_BAB V.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
161310003707_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003707P_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengidentifikasi nilai-nilai faham Wahabi yang terdapat dalam buku teks Akidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah. (2) Untuk menganalisis penyampaian nilai-nilai faham Wahabi yang terdapat dalam dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah. (3)Untuk mengidentifikasi apa saja faktor penghambat dan pendukung pembelajaran faham Wahabi di kelas X Madrasah Aliyah.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahuipenyampaian nilai-nilai faham Wahabi yang terdapat dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah, dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penyampaian faham Wahabi di kelas X Madrasah Aliyah. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknis analisis data yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai faham Wahabi yyang terdapat dalam buku teks akidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah adalah terdapatnya pembagian tauhi yang berupa tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, tauhid asma’wa shifat,dan tauhid mulkiyah, yang kemudian meteri tersebut tetap disampaikan kepada para peserta didik karena sesuainya dengan kurikulum 2013 dan materi tersebut juga dijadikan bekal bagi para peserta didik guna menghadapi ujian semester. Faham keagamaan para staf, pengajar sekolah dan lingkungan sekitar yang mengikuti ajaran dari faham Ahlusunnah Nadlatul Ulama’ (NU), turut menjadi andil tetap disampaikannya materi tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd. I. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai, Wahabi, Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 200 Agama > ISLAM > 2X8 Aliran dan Sekte |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:35 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:35 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1542 |