DEWI TRI ANJANI, 171310003754 (2021) MODEL PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK-ANAK RANTAU (STUDI KASUS DI DESA KRAPYAK TAHUNAN JEPARA). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
171310003754_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
171310003754_BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
171310003754_BAB II.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
171310003754_BAB III.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
171310003754_BAB IV.pdf - Updated Version
Download (8MB) | Preview
171310003754_BAB V.pdf - Updated Version
Download (638kB) | Preview
171310003754_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
171310003754_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penulisan skripsi ini antara lain: 1) Menguraikan model pendidikan Islam bagi anak-anak rantau di desa Krapyak Tahunan Jepara, 2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat terkait model pendidikan Islam bagi anak-anak rantau di desa Krapyak Tahunan Jepara.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang cara penelitiannya menghasilkan data secara studi kasus. Peneliti mengadakan penelitian langsung di desa Krapyak Tahunan Jepara. Adapun data yang diperoleh dari peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hal observasi, peneliti melakukan penelitian yang meliputi kantor desa Krapyak, struktur organisasi pemerintahannya, perantau di desa Krapyak, pendidikan Islam anak rantau yang ditempuhnya serta keadaan ekonomi anak rantau. Untuk memastikan data selanjutnya, peneliti juga melakukan wawancara terhadap kepala desa Krapyak, tokoh NU Krapyak, masyarakat desa Krapyak, anak-anak rantau dan orang tua perantau. Sedangkan data dokumentasi yang diperoleh peneliti berupa kantor desa Krapyak, struktur organisasi pemerintahannya, kepala desa Krapyak, tokoh masyarakat, masyarakat desa Krapyak serta anak-anak rantau.
Berdasarkan penelitian yang diperoleh peneliti, model pendidikan Islam yang diterapkan bagi anak-anak rantau mayoritas sudah mencakup pendidikan formal, informal, dan non formal. Di perantauan, Anak-anak memperoleh pendidikan formal melalui sekolah-sekolah di desa Krapyak dan sekitarnya. Adapun pendidikan informalnya, anak-anak rantau memperoleh pendidikan Islam melalui pendidikan akhlak, nasehat dari orang tua maupun orang-orang terdekat. Selanjutnya pada non formal mereka mengikuti kegiatan kumpulan, TPQ, mengaji dan les privat. Dalam pelaksanaannya, anak-anak rantau tidak terlepas dari faktor-faktor pendukung maupun penghambat yang menguasainya. Terkait faktor penghambat, mereka dipengaruhi lingkungan, antusias teman bermain yang tidak sebaya, emosi anak yang tidak stabil. Sedangkan faktor pendukungnya, menjadikan anak lebih mandiri, peka terhadap lingkungan, bertanggung jawab dan sejenisnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pendidikan Islam, Pendidikan Islam, Anak-Anak Rantau. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 01:27 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 01:27 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1536 |