YUNI ISNAWATIN NADHIFAH, 182610000613 (2021) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000613_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000613_BAB I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. 182610000613_BAB II.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
4. 182610000613_BAB III.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5. 182610000613_BAB IV.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
6. 182610000613_BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. 182610000613_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. 182610000613_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini antara lain; untuk mendiskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021; Mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi kegiatan ekstrakurikulerpencak silat dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021; mengetahui hasil pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di SMA 3 Pati.
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach). Berupa pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini pada dasarnya merupakan kegiatan penelitian untuk mengumpulkan data, menyajikan informasi untuk kemudian dideskripsikan keadaan sebenarnya yang terjadi dilapangan mengenai pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Pati. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data hasil wawancara dari kepala sekolah, guru, pembina ekstrakurikuler, dan peserta didik. Sedangkan teknik analisis data melalui langkah-langkah seperti; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun Hasil dari penelitian ini adalah: 1) perencanaan dilaksanakan dengan membuat program kerja ekstrakurikuler pencak silat. pengorganisasian dilaksanakan dengan melibatkan peserta didik di struktur organisasi. Sedangkan untuk persilatannya sendiri menggunakan PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate). pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat dilaksanakan tiga kali seminggu, dengan langkah-langkah kegiatan seperti; mulai dari bersalaman, saling hormat, berdoa, pemanasan, teknik pencak silat, istirahat, kerohanian, penyampaian materi, evaluasi, pendinginan, doa bersama, jabat tangan, membentuk lingkaran, dan mengucapkan yel-yel. Sedangkan evaluasi dilaksanakan setiap tiga bulan sekali dengan tes kenaikan tingkat pergantian sabuk. 2) faktor pendukung kegiatan pencak silat, antara lain; sarana prasarana, keinginan atau minat siswa, dukungan dan izin orang tua. Faktor penghambatnya, antara lain; jarak tempuh siswa, rasa lelah, terbatasnya waktu latihan. 3) hasil dari pembentukan karakter tersebut adalah terbentuknya karakter religius, disiplin, mandiri, dan kerja keras.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Ahmad Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Ekstrakurikuler pencak silat, karakter |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 08 Jan 2022 04:18 |
Last Modified: | 08 Jan 2022 04:18 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1524 |