ROIQOH VIKRONA, 182610000614 (2021) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000614_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 182610000614_BAB I.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. 182610000614_BAB II.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
4. 182610000614_BAB III.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. 182610000614_BAB IV.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
6. 182610000614_BAB V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. 182610000614_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
8. 182610000614_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Pendekatan penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan jenis deskritif kualitatif untuk mengeksplorasi tentang pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pati. Sumber data yang digunakan adalah sumber data person, place dan paper. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah model Miles dan Huberman yaitu melalui langkah-langkah data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi.
Hasil Penelitian menyimpulkan, pertama, dalam perencanaan supervisi akademik, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pati telah menyiapkan pengembangan instrumen, tim supervisor madrasah oleh guru senior dan menyusun jadwal. Dalam pelaksanaan supervisi akademik pada tahun ini telah dilaksanakan 100% dan secara umum hasilnya meningkat dari tahun sebelumnya. Dalam pelaksanaan tindak lanjut telah dilakukan penguatan dan penghargaan kepada guru yang menunjukkan kinerja yang melampaui standar dan juga pembinaan langsung berupa pemberian contoh, diskusi, konsultasi atau pelatihan. Kedua, indikator pembelajaran bermutu dilihat dari tiga komponen yaitu 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran dan 3) penilaian proses pembelajaran menunjukkan bahwa telah sesuai dengan Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Ketiga, Efektivitas supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata supervisi akademik perencanaan pembelajaran pada tahun 2018 mengalami peningkatan pada tahun 2019 dan 2020. Dari 76 naik 2.8 menjadi 79.80. Nilai rata-rata supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran pada tahun 2018 mengalami peningkatan pada tahun 2019 dan 2020. Dari 77,0 naik 2,0 menjadi 79,0. Nilai rata-rata supervisi akademik pelaksanaan penilaian pada tahun 2018 mengalami peningkatan pada tahun 2019 dan 2020. Dari 77,4 naik 2,0 menjadi 79,4.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Madrasah, Mutu Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 08 Jan 2022 04:17 |
Last Modified: | 08 Jan 2022 04:17 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1523 |