Search for collections on Publications

PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 30

MISBACHUL KHOLISIN, 1726100000416 (2021) PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 30. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 172610000416_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 172610000416_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 172610000416_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 172610000416_BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 3. 172610000416_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 172610000416_BAB II.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[thumbnail of 4. 172610000416_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 172610000416_BAB III.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5. 172610000416_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 172610000416_BAB IV.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 6. 172610000416_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 172610000416_BAB V.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7. 172610000416_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 172610000416_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 8. 172610000416_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 172610000416_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research), karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku atau majalah-majalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan histories-filosofis. Pengumpulan data dengan teknik metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deduktif, dan analisis induksi.
Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Prinsip-prinsip pemimpin dalam surat Al Baqarah ayat 30 dan implementasinya dalam pendidikan Islam adalah seorang guru atau pendidik dalam melaksanakan tanggungjawabnya dengan niat patuh melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya, pendidik dalam melaksanakan tugasnya dapat bertanggungjawab mengemban amanah sebagai pendidik, pendidik dalam mengelola pendidikan secara adil dan bijaksana, pendidik dalam menjalankan tugasnya tentu dibekali dengan ilmu pengetahuan dan jiwa yang baik, pendidik seharusnya mengenalkan sifat-sifat Allah kepada anak didiknya, pendidik memberikan suri tauladan (contoh) kepada anak didiknya, pendidik sebagai pengelola kelas mempunyai tanggungjawab mengelola kelas dengan baik, pendidik sebagai pemimpin di sekolah/madrasah tentu dalam melaksanan pengajaran sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. 2) Relevansi surat Al-Baqarah ayat 30 terhadap prinsip-prinsip kepemimpinan dalam pendidikan Islam meliputi gaya kepemimpinan sebagai kholifah adalah gaya otoriter, gaya pemimpin berwibawa, pemimpin afiliatif, pemimpin demokratis, dan pemimpin pelatih. Sedangkan prinsip kepemimpinan sebagai kholifah dalam pendidikan Islam meliputi: menentukan kurikulum pendidikan, menentukan tujuan pendidikan Islam. Kedua, bahwa manusia punya tugas untuk amar makruf nahi munkar artinya mempunyai kewajiban belajar dan mendidik keluarganya. Ketiga adalah mempunyai kewajiban amar makruf nahi munkar di lingkungan atau ditempat ia berada. Keempat untuk mencapai tujuan pendidikan Islam tentu harus menguasai materi yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr, H, Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Pendidikan Islam, Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 30
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jan 2022 04:16
Last Modified: 08 Jan 2022 04:16
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item
View Item