SRI LESTARI, 192610000723 (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN PUCAKWANGI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 192610000723_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 192610000723_BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. 192610000723_BAB II.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
4. 192610000723_BAB III.pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
5. 192610000723_BAB IV.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
6. 192610000723_BAB V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
7. 192610000723_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
8. 192610000723_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Pucakwangi tahun pelajaran 2020/2021, 2) mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Pucakwangi tahun pelajaran 2020/2021, 3) mengetahui pengaruh motivasi belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Pucakwangi tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2020 – Februari 2021 bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Pucakwangi, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel bebasnya motivasi belajar X1, media pembelajaran X2 dan variabel terikatnya hasil belajar (Y). Populasi penelitian ini berjumlah 686 peserta didik yang terdiri dari seluruh peserta didik di SMP Negeri 1 Pucakwangi sebanyak 531 peserta didik dan seluruh peserta didik di SMP Negeri 2 Pucakwangi sebanyak 155 peserta didik, dengan sampel yang digunakan sebanyak 87 peserta didik dengan teknik sampling probability random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas
instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas
menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas, Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi sederhana dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan kontribusi sebesar 68,2% dimana rx1y = 0,826; r²x1y = 0,682; dan thitung (13,505) ) > ttabel (1,988) dengan sig 0,000 < 0,05; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran terhadap hasil belajar dengan kontribusi sebesar 74,3% dimana rx2y = 0,862 r²x2y = 0,743 dan thitung (15,666) ) > Ttabel (1,988) dengan sig 0,000 < 0,05; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan kontribusi sebesar 80,6% dimana Ry(1,2) = 0,900; R² = 0,806; dan nilai Fhitung (179,41) > Ftabel (3,105) dengan sig 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Motivas Belajar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 08 Jan 2022 04:14 |
Last Modified: | 08 Jan 2022 04:14 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1517 |