Search for collections on Publications

PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA RUMPUN MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2019 - 2020

NUR HAMIDAH, 172610000422 (2020) PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA RUMPUN MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2019 - 2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 172610000422_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 172610000422_COVER.pdf - Published Version

Download (946kB) | Preview
[thumbnail of 2. 172610000422_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 172610000422_BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 3. 172610000422_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 172610000422_BAB II.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of 4. 172610000422_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 172610000422_BAB III.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[thumbnail of 5. 172610000422_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 172610000422_BAB IV.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of 6. 172610000422_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 172610000422_BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. 172610000422_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 172610000422_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 8. 172610000422_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 172610000422_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh manajemen kelas dan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar peserta didik MA Se-Kecamatan Bangsri Jepara, 2) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar peserta didik MA Se-Kecamatan Bangsri Jepara, dan 3) Adakah pengaruh manajemen kelas dan kompetensi kepribadian guru secara simultan terhadap motivasi belajar peserta didik MA Se-Kecamatan Bangsri Jepara.
Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif yaitu menjelaskan hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Madrasah Aliyah (MA) Se-Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Sumber data diperoleh dari 96 responden yang menjadi sampel dari total populasi sebanyak 2500 peserta didik MA Se-Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Jumlah ukuran sampel dalam penelitian ini dapat dihitung menggunakan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) angket, 2) wawancara terstruktur, 3) observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan manajemen kelas (X1) terhadap motivasi belajar peserta didik (Y) MA Se-Kecamatan Bangsri Jepara, dengan nilai thitung sebesar 0,947 dengan tingkat probabilitas (signifikansi) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru (X2) terhadap motivasi belajar peserta didik (Y) MA Se-Kecamatan Bangsri Jepara dengan nilai thitung sebesar 1,902 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05) dan 3) Terdapat pengaruh manajemen kelas (X1) dan kompetensi kepribadian guru (X2) secara simultan terhadap motivasi belajar peserta didik (Y), Besarnya pengaruh variabel manajemen kelas (X1) dan kompetensi kepribadian guru (X2) secara bersama-sama terhadap motivasi belajar peserta didik (Y) dengan nilai Fhitung 35,307 > Ftabel 3,10 dan tingkat signifikansi (0,000<0,05) hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan manajemen kelas dan kompetensi kepribadian guru secara simultan terhadap motivasi belajar peserta didik MA Se-Kecamatan Bangsri Jepara. Sebesar 35,30% dan sisanya sebesar 64,70% dipengaruhi variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H.Shodiq Abdullah, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas, kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:59
Last Modified: 07 Jan 2022 07:59
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item
View Item