Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MIFTAH, 192610000696 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 192610000696_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 192610000696_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 192610000696_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 192610000696_BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 3. 192610000696_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 192610000696_BAB II.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of 4. 192610000696_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 192610000696_BAB III.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 5. 192610000696_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 192610000696_BAB IV.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of 6. 192610000696_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 192610000696_BAB V.pdf - Updated Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. 192610000696_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 192610000696_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 8. 192610000696_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 192610000696_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan kualitas kedisiplinan belajar peserta didik di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021, 2. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas kedisiplinan belajar peserta didik melalui manajemen pembelajaran PAI dalam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021?, 3. Sejauhmana hasil peningkatan kualitas kedisiplinan belajar peserta didik melalui manajemen pembelajaran PAI di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021?
Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan jenis deskriptif analitik, yang berlokasi di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian melalui langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan: Pertama, langkah-langkah manajemen antara lain: perencanaan pembelajaran yang mengacu pada kalender pendidikan; Pengorganisasian pembelajaran pendidikan Agama Islam dilakukan dengan mengkaitkan antara materi dengan sumber belajar dan media; Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik dengan memberikan motivasi kepada peserta didik, mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu, menggunakan metode yang tepat dalam proses pcmbelajaran, dan menggunakan media pembelajaran. Pelaksanan pembelajaran PAI untuk meningkatkan kedisiplinan adalah dengan memberikan penghargaan dan sanksi atas apa yang telah dilakukan peserta didik dalam hal kedisiplinan, memberikan pemahaman konsekuensi dari perilaku yang dilakukan oleh peserta didik, dan memberikan contoh kepada peserta didik untuk bersikap disiplin di sekolah; dan Evaluasi pembelajaran dengan melakukan sistem penilaian berupa proses pembelajaran dan hasil belajar yang ada di dalamnya menyangkut tiga ranah yaitu: kognitif, psikomotorik, dan afektif, hal yang dilakukan melalui pretest, ulangan harian, UTS, dan UAS. Kedua, Faktor pendukung dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui manajemen pembelajaran PAl antara lain: a) Adanya ketersediaan sarana prasarana yang baik; b) Kompetensi Mengajar yang baik dari Guru PAI; c) faktor lingkungan adanya lingkungan pengawasan yang baik dari orang tua. sedangkan faktor penghambat Adanya situasi pandemi saat ini menjadi salah satu kendala kegiatan pembelajaran secara tatap muka di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Ketiga, hasil peningkatan kedisiplinan peserta didik, antara lain: a) peserta didik dapat mengatur waktu belajar di rumah; b) peserta didik lebih rajin dan teratur dalam belajar, baik di sekolah maupun diluar sekolah; c) perhatian yang baik saat belajar di kelas; d) ketertiban diri pada saat belajar di kelas.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:52
Last Modified: 06 Jan 2022 07:52
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item
View Item