ABDUL MUTTHOLIB, 182610000570 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAHFIDZ ALQUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JUNGPASIR WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000570_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000570_BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. 182610000570_BAB II.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
4. 182610000570_BAB III.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. 182610000570_BAB IV.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
6. 182610000570_BAB V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. 182610000570_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8. 182610000570_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Proposal Tesis ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar tahfidz Al-Quran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jungpasir Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021.
Proposal ini menggunakan pendekatan dan metode penelitian kualitatif dan berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jungpasir Wedung Demak pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran takhfidz Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jungpasir Wedung, Demak pada tahun pelajaran 2020/2021 mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi telah berdampak positif pada peningkatan hasil belajar takhfidz Al-Qur’an. Perencanaan pembelajaran takhfidz antara lain dilakukan dengan menetapkan kurikulum dan silabus yang rapi. Adapun pelaksanaan pembelajaran takhfidz dilakukan oleh guru khusus takhfidz yang profesional dengan alokasi waktu yang cukup dan tepat. Sedangkan evalusi pembelajaran takhfidz dilakukan secara rutin saat pembelajaran metode setoran hafalan pribadi serta penilaian rutin bersama setiap tengah dan akhir semester.
Adapun faktor penghambat peningkatan hasil pembelajaran takhfidz Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jungpasir Wedung, Demak pada tahun pelajaran 2020/2021 antara lain adalah pandemi Covid -19 yang memaksa adanya pembatasan pembelajaran tatap muka secara langsung.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Munasir, MM |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Hasil Belajar, Tahfidz Al-Qur'an |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:47 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:47 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1479 |