FAIQ AMINUDDIN, 182610000558 (2021) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000558_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000558_BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. 182610000558_BAB II.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4. 182610000558_BAB III.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. 182610000558_BAB IV.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
6. 182610000558_BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. 182610000558_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8. 182610000558_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Tesis ini bertujuan mengkaji Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Abdurrahman Wahid melalui penelitian kepustakaan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan historis-filosifis. Data penelitian diambil dengan metode dokumentasi kemudian dianalisis dengan tiga teknik; analisis data kualitatif, analisis isi, dan interpretatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter merupakan bagian dari tujuan pendidikan Nasional. Pemerintah telah merumuskan nilai-nilai pendidikan karakter yang terus dikembangkan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2017 pemerintah merumuskan kembali nilai-nilai pendidikan karakter menjadi lima nilai karakter utama; 1.Religius, 2. Nasionalis, 3. Mandiri, 4. Gotong-royong, 5. Integritas. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter dalam perspektif Abdurrahman Wahid meliputi; 1. Ketauhidan 2. kemanusiaan, 3. Keadilan, 4. Kesetaraan, 5. Pembebasan, 6.
Persaudaraan, 7. Kesederhanaan, 8. Kekesatriaan, dan 9. Kearifan Lokal.
Dalam perspektif Abdurrahman Wahid kesembilan nilai luhur tersebut merupakan rangkaian nilai-nilai yang berkesinambungan. Nilai ketauhidan diwujudkan dalam perilaku sosial, politik, ekonomi, dan kebudayaan dalam menegakkan nilai-nilai kemanusiaan (saling menghargai dan menghormati) terwujud keadilan di tengah-tengah masyarakat, setiap manusia memiliki martabat yang sama. Oleh karena itu kaum marginal dan minoritas perlu dibela dan dibebaskan dari berbagai bentuk belenggu. Semangat pembebasan hanya dimiliki oleh jiwa yang merdeka, bebas dari rasa takut, dan otentik. Dengan nilai pembebasan ini, Abdrurahman Wahid mendorong tumbuhnya jiwa-jiwa merdeka yang mampu membebaskan dirinya dan manusia lain.
Nilai kesederhanaan merupakan nilai karakter dalam perspektif Abdurrahman Wahid yang perlu lebih diimplementasikan sehingga memperkuat 5 nilai karakter utama dalam Penguatan Pendidikan Karakter yang dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam perspektif Abdurrahman Wahid, nilai kesederhanaan dapat menumbuhkan budaya perlawanan atas sikap berlebihan, materialistis, dan koruptif. Dengan nilai kesederhanaan, persaudaraan, kekesatriaan, dan kearifan lokal akan melahirkan pribadi yang menggerakkan kebaikan, tanggung jawab, komitmen, istiqomah dan nasionalis.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Munasir, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Nilai, Abdurrahman Wahid |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:46 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:46 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1478 |