HUSNUL HULUQ, 182610000562 (2021) MANAJEMEN KOKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA MADRASAH TSANAWIYAH I’ANATUTH THULLAB MUTIH KULON WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000562_ COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 182610000562_BAB I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. 182610000562_BAB II.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
4. 182610000562_BAB III.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
5. 182610000562_BAB IV.pdf - Published Version
Download (786kB) | Preview
6. 182610000562_BAB V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
7. 182610000562_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
8. 182610000562_Lampiran.pdf - Published Version
Download (970kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen kegiatan kokurikuler dalam meningkatakan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Al-qur’an hadits di MTs I’anatuth Thullab Mutih kulon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kegiatan kokurikuler terdiri dari 1) perencanaan yang dilaksanakan dalam bentuk penyusunan program kegiatan kokurikuler yang selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaannya, 2) pengorganisasian dilaksanakan secara terpadu dalam keseluruhan organisasi madrasah, 3) pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh wakil Kepala bagian kurikulum, kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dengan adanya komunikasi semua pihak, 4) evaluasi serta tindak lanjut dilakukan 1 kali dalam satu bulan pada saat rapat koordinasi. Tindak lanjut dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh madrasah adalah digunakan untuk memperbaiki pelaksanaan kegiatan kokurikuler pada bulan berikutnya. Faktor Pendukung kegiatan kokurikuler yaitu sarana dan prasarana yang sangat menunjang keberhasilan, minat belajar para peserta didik, serta guru mata pelajaran yang kompeten dibidangnya. Faktor yang menghambat jalannya kegiatan kokurikuler di MTs NU I’anatuth Thullab yaitu motivasi peserta didik, kondisi tubuh manusia merasakan kelelahan, dan juga faktor lingkungan
Masyarakat yang mempengaruhi belajar peserta didik. Manajemen kegiatan kokurikuler sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Al-qur’an hadits, hal tersebut selain tujuan dari kegiatan kokurikuler adalah menunjang pemahaman peserta didik dalam pembelajaran intrakurikuler juga manajemen madrasah yang baik juga mampu membuat kegiatan kokurikuler bisa berjalan sesuai rencana dan harapan yang ingin di capai bersama.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metodologi Kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan pendekatan deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu. Alasan penulis menggunakan pendekatan deskriptif karena tujuannya adalah untuk mendeskripsikan manajemen kegiatan kokurikuler dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Al-qur’an hadits di MTs I’anatuth thullab mutih kulon.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kokurikuler, Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:44 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:44 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1477 |