SUNOTO, 182610000636 (2021) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM TRIMULYO KAYEN PATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000636_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000636_BAB I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. 182610000636_BAB II.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
4. 182610000636_BAB III.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. 182610000636_BAB IV.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
6. 182610000636_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. 182610000636_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
8. 182610000636_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kompetensi pedagogik guru adalah supervisi yang dilaksanakan oleh kepala madrasah. Tugas kepala madrasah sebagai supervisor adalah memberikan layanan dan bantuan kepada guru yang disupervisi untuk memperbaiki pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisisperencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, faktor-faktor apa sajakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, dan hasil peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi akademik kepala Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Trimulyo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatifdeskriptifdengan jenis penelitian lapangan (field research).Sumber data primer bersumber:KepalaMadrasah, Waka Kurikulum, Guru, Tenaga Kependidikan dan siswaMA MiftahulUlumTrimulyoKayenPati. Sedangkan sumber sekunder berasal dari buku, jurnalilmiah, dokumenatau berbagai tulisan ilmiahyang mendukung dan berkaitan dengan judul tesis ini. Teknik pengumpulan data dalampenelitianini: 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik análisis data yang meliputi: 1) Reduksi Data (Data Reduction); 2) Penyajian Data (Data Display); dan 3) Verifikasi (Clonclusion Drawing). Uji kredibilitas data meliputi: perpanjanganpengamatan, meningkatkanketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Trimulyo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 sudah berjalan dengan baik. Dalampelaksanaannya,kepala madrasah memulaidenganmengadakanpertemuanpraobservasi, observasi, post observasi dan tindak lanjut. 2) Faktor-faktor pendukungnya adalah profesionalitas kepala madrasah yang tinggi, kepala madrasah memiliki kepribadian yang baik, kompetensi supervisi akademik kepala madrasah yang memadahi, dan adanya dukungan dari semua guru di madrasah. Sedangkanfaktorpenghambatnyaadalahseringtimbulnyatumpangtindihkegiatan yang harusdilakukankepalasekolahdalamwaktu yang bersamaan. 3) Hasil peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi akademik kepala Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Trimulyo Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah kemampuan guru yang baik dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M. Ag. Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:43 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:43 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1476 |