Search for collections on Publications

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ANITA FIZQIYAH, 192610000703 (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 192610000703_COVER.docx] Text
192610000703_COVER.docx - Published Version

Download (505kB)
[thumbnail of 192610000703_BAB I.doc] Text
192610000703_BAB I.doc - Accepted Version

Download (192kB)
[thumbnail of 192610000703_BAB II.doc] Text
192610000703_BAB II.doc - Published Version

Download (287kB)
[thumbnail of 192610000703_BAB III.doc] Text
192610000703_BAB III.doc - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of 192610000703_BAB IV.doc] Text
192610000703_BAB IV.doc - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 192610000703_BAB V.doc] Text
192610000703_BAB V.doc - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of 192610000703_DAFTAR PUSTAKA.doc] Text
192610000703_DAFTAR PUSTAKA.doc - Published Version

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data data empirik mengenai pengaruh media pembelajaran terhadap dan kecerdasan intelektual, baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Hipotesis penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati tahun Pelajaran 2020/2021, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati tahun Pelajaran 2020/2021, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran bersama-sama dengan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati tahun Pelajaran 2020/2021.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis ex post facto terkait dengan pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar bahasa Inggris pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati. Teknik pengumpulan data melalui 1) penyebaran kuesioner , 2) dokumentasi . Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, uji koefisien determinan, uji hipotesis, uji F, uji statistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan sedang antara media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa MAN 2 Pati dengan ditunjukkan pada persamaan, Y = 5,867 + 0,130 (X1) + 0,532 (X2). Dari persamaan tersebut dapat dilihat koefesien regresi untuk variabel Media Pembelajaran sebesar 0,130 atau sebesar 22,6%. ( 2) Terdapat hubungan yang positif dan tinggi antara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar siswa MAN 2 Pati dengan ditunjukkan pada persamaan, Y = 5,867 + 0,130 (X1) + 0,532 (X2). Dari persamaan tersebut dapat dilihat koefesien regresi untuk variabel Kecerdasan Intelektual sebesar 0,532 atau sebesar 40,5% (3) Proporsi pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa MAN 2 Pati dengan ditunjukkan pada persamaan, Y = 5,867 + 0,130 (X1) + 0,532 (X2) sebesar 40,2%, yang berarti tinggi pengaruhnya di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kecerdasan Intelektual, dan Media Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:32
Last Modified: 06 Jan 2022 07:32
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item
View Item