QO’IDUL UMAM, 192610000699 (2021) PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
192610000699_COVER.docx - Published Version
Download (6MB)
192610000699_BAB I.docx - Published Version
Download (104kB)
192610000699_BAB II.docx - Published Version
Download (195kB)
192610000699_BAB III.docx - Published Version
Download (123kB)
192610000699_BAB IV.docx - Published Version
Download (454kB)
192610000699_BAB V.docx - Published Version
Download (93kB)
192610000699_DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version
Download (29kB)
192610000699_LAMPIRAN.docx - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Pengembangan profesional merupakan sebuah dimensi khusus pemberdayaan sumber daya pembelajaran, terutama guru beserta perangkatnya dengan tujuan akhir adalah peningkatan performansi peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh sejumlah penelitian yang menemukan bahwa kualitas guru secara keseluruhan akan berdampak langsung pada capaian kompetensi siswa.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (2) menganalisis hasil peningkatan mutu pembelajaran melalui kompetensi profesional guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, Uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan data, meningkatkan ketekunan, triangulasi, member check dan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi professional guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 2 Pati dilakukan dengan berbagai program pelatihan diantaranya dengan sikap pro-aktif dalam usaha mengembangkan kompetensi profesional dan refleksi pembelajaran yang dilakukan secara berkelanjutan melalui penulisan karya ilmiah. Sedangkan hasil peningkatan mutu pembelajaran melalui kompetensi profesional guru di MAN 2 Pati relatif baik. Hal ini dibuktikan dengan proses pembelajaran yang dialksanakan sesuai dengan prosedur, guru yang kreatif dan inovatif dalam menggunakan strategi dan pendekatan dalam pembelajaran, keaktifan siswa dalam pembelajaran dan pemanfaatan berbagai media dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II: Dr. H. Barowi, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi profesional, mutu pembelajaran dan guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:22 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:22 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1463 |