Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA PONDOK PESANTREN AL-ISTI’ANAH PLANGITAN PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SUTRISNO, 192610000677 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA PONDOK PESANTREN AL-ISTI’ANAH PLANGITAN PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 192610000677_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 192610000677_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 192610000677_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 192610000677_BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 3. 192610000677_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 192610000677_BAB II.pdf - Published Version

Download (609kB) | Preview
[thumbnail of 4. 192610000677_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 192610000677_BAB III.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 5. 192610000677_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 192610000677_BAB IV.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of 6. 192610000677_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 192610000677_BAB V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 7. 192610000677_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 192610000677_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 8. 192610000677_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 192610000677_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru sebagai seorang pendidik di kelas dituntut untuk mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif serta memotivasi siswa dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam pencapaian hasil belajar secara optimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab pada santri Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati, 2) faktor-faktor yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab pada santri Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati, dan 3) hasil belajar Bahasa Arab pada santri Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan studi kasus dengan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer bersumber: Guru Bahasa Arab, Pengasuh, Kepala Pondok, dan Santri di Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati. Sedangkan sumber sekunder berasal dari dokumen perangkat pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati, serta dokumen atau berbagai tulisan ilmiah yang mendukung dan berkaitan dengan judul tesis ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Teknik análisis data yang meliputi: 1) Reduksi Data; 2) Penyajian Data; dan 3) Verifikasi (Clonclusion Drawing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab pada santri Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah berjalan dengan baik. 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab pada santri Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 meliputi: a) adanya dukungan dari pengasuh dan kepala pondok pesantren, b) latar belakang pendidikan guru yang linier, c) ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan cukup baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) Kurang lengkapnya adminitrasi pembelajaran, b) Masih ada sebagian santri yang memiliki motivasi belajar rendah, dan c) Kurangnya alokasi waktu pembelajaran bahasa Arab di masa Pandemi Covid-19. 3) Peningkatan hasil belajar Bahasa Arab pada santri Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 meliputi: 1) Meningkatnya kemampuan santri dalam berbicara bahasa Arab sehari-hari dengan lancar, 2) Meningkatnya kemampuan menulis atau mengarang dengan tema tertentu menggunakan bahasa Arab, 3) Santri mempunyai kemampuan untuk berpidato berbahasa arab dengan lancar tanpa persiapan, 4) Mampu menterjemah Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia maupun dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab, 5) Kelulusan Pondok Pesantren Al-Isti'anah banyak yang diterima di Universitas Al-Azhar Cairo Mesir.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Hasil Belajar, Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:11
Last Modified: 06 Jan 2022 07:11
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item
View Item