Search for collections on Publications

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MI MATHOLI’UL HUDA II DAMARWULAN KELING JEPARA

SURYATUN, 151310003369 (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MI MATHOLI’UL HUDA II DAMARWULAN KELING JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 151310003369_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003369_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 151310003369_BAB I.pdf]
Preview
Text
151310003369_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 151310003369_BAB II.pdf]
Preview
Text
151310003369_BAB II.pdf - Updated Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 151310003369_BAB III.pdf]
Preview
Text
151310003369_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 151310003369_BAB IV.pdf]
Preview
Text
151310003369_BAB IV.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 151310003369_BAB V.pdf]
Preview
Text
151310003369_BAB V.pdf - Published Version

Download (919kB) | Preview
[thumbnail of 151310003369_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
151310003369_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 151310003369_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
151310003369_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran utama kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1) Bagaiman Peran kepala sekolah dalam meningkatkan Kompetensi profesional guru di MI Matholi’ul Huda II Damarwulan Keling Jepara ? (2) Apakah Faktor Pendukung dan Penghambat Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara ?
Penelitian ini termasuk dalam penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif deskriptif, bahwa metodologi kualitatif sebagai salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data guna mendapatkan data-data yang diperlukan diantaranya Observasi, Wawancar dan Dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MI Matholi’ul Huda II melalui supervisi secara individual maupun kelompok. Supervisi secara individual yang kepala sekolah lakukan meliputi kunjungan kelas, pembicaraan individual, kunjungan antar kelas, dan penilaian sendiri. Sedangkan faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara yaitu dukungan dan dorongan yang besar yang selalu diberikan kepala madrasah kepada para guru di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan. Dan faktorpendukung lainnya adalah yang berasal dari dalam diri para guru seperti tingkat pendidikan, intelektual dan lain-lain. Faktor yang menjadi penghambat meningkatkan kompetensi profesional guru adalah sarana dan prasarana yang belum terpenuhisecara keseluruhan, rasa sungkan dan enggan terhadap guru-guru serta staffkaryawan yang lebih senior serta kondisi finansial sekolah yang masihterbatas dan masih ada guru yang kurang disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Darnoto, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:25
Last Modified: 05 Jan 2022 03:25
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item
View Item