SURYATUN, 151310003369 (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MI MATHOLI’UL HUDA II DAMARWULAN KELING JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003369_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003369_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003369_BAB II.pdf - Updated Version
Download (5MB) | Preview
151310003369_BAB III.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003369_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
151310003369_BAB V.pdf - Published Version
Download (919kB) | Preview
151310003369_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003369_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Peran utama kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1) Bagaiman Peran kepala sekolah dalam meningkatkan Kompetensi profesional guru di MI Matholi’ul Huda II Damarwulan Keling Jepara ? (2) Apakah Faktor Pendukung dan Penghambat Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara ?
Penelitian ini termasuk dalam penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif deskriptif, bahwa metodologi kualitatif sebagai salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data guna mendapatkan data-data yang diperlukan diantaranya Observasi, Wawancar dan Dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MI Matholi’ul Huda II melalui supervisi secara individual maupun kelompok. Supervisi secara individual yang kepala sekolah lakukan meliputi kunjungan kelas, pembicaraan individual, kunjungan antar kelas, dan penilaian sendiri. Sedangkan faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara yaitu dukungan dan dorongan yang besar yang selalu diberikan kepala madrasah kepada para guru di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan. Dan faktorpendukung lainnya adalah yang berasal dari dalam diri para guru seperti tingkat pendidikan, intelektual dan lain-lain. Faktor yang menjadi penghambat meningkatkan kompetensi profesional guru adalah sarana dan prasarana yang belum terpenuhisecara keseluruhan, rasa sungkan dan enggan terhadap guru-guru serta staffkaryawan yang lebih senior serta kondisi finansial sekolah yang masihterbatas dan masih ada guru yang kurang disiplin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Darnoto, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:25 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:25 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1426 |