SONY WILIYANTO, 192610000717 (2021) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI (TI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
192610000717_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
192610000717_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
192610000717_BAB II.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
192610000717_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
192610000717_BAB IV.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
192610000717_BAB V.pdf - Published Version
Download (859kB) | Preview
192610000717_BAB V.pdf - Published Version
Download (859kB) | Preview
192610000717_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
192610000717_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan media pembelajaran teknologi dan informasi (TI) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran teknologi dan informasi (TI) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar melalui pemanfaatan media pembelajaran teknologi dan informasi (TI) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021
Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan jenis deskriptif analitik, yang berlokasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian melalui langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah Pertama: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Informasi (TI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih : a) Penerapan model pembelajaran berbasis TI dalam Pembelajaran mapel Fiqih di MAN 2 diantaranya media yang digunakan laptop, LCD, audio pengeras suara/spiker dan CD pembelajaran (CD interaktif), sambungan internet. b) Peran Guru dalam Mengaplikasikan Media TI dalam Pembelajaran Fiqih, pada saat pembelajaran jarak jauh menggunakan daring online, dimana guru mapel fiqih mampu menggunakan media-media kelas online seperti Whatsapp grup ataupun zoom. Kedua, Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Dan Informasi (TI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih: a) Faktor pendukung : siswa yang memiliki minat tinggi dan tertarik terhadap pembelajaran berbasis TI serta sarana prasarana yang memadai untuk melaksanakan proses pembelajaran berbasis TI. b) Faktor penghambat : dari segi guru keterbatasan waktu yang dimiliki satu jam pelajaran. Ketiga: peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Dan Informasi (TI) : Penerapan model pembelajaran berbasis teknologi dan informasi (TI) sudah memberi dampak pada peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Jepara. Selain implementasi model pembelajaan berbasis TI berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H. Moh. Nasuka, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Teknologi dan Informasi, Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:21 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:21 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1424 |