UMA WIJAYANTI, 192610000718 (2021) KONTRIBUSI KOMITE MADRASAH DALAM PEMENUHAN STANDAR SARANA PRASARANA PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
192610000718_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
192610000718_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
192610000718_BAB II.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
192610000718_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
192610000718_BAB IV.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
192610000718_BAB V.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
192610000718_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (867kB) | Preview
192610000718_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (802kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini ialah 1) untuk mendeskripsikan kontribusi komite madrasah dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) untuk mendeskripsikan kontribusi komite madrasah dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik . Data dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primernya adalah Kepala Madrasah, waka sarana prasarana, dan komite pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara. Teknik pengumplan data melalui 1) pengamatan (observasi), 2) wawancara (interview) dengan kepala madrasah, waka sarana prasarana dan komite Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara untuk memperoleh data mengenai kontribusi komite madrasah dalam pemenuhan standar sarana prasarana pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara, 3) dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam proposal penelitian ini mengikuti langkah-langkah model milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah : a) Kontribusi komite madrasah dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan : (1) Peran komite sebagai badan pemberi pertimbangan (Advisory Agency, memberikan pertimbangan dalam perencanaan sarana pembelajaran madrasah. (2) Peran komite sebagai pendukung (Supporting Agency), Dukungan diberikan baik berupa material dan non material. (3) Peran komite sebagai pengawas (Controlling Agency) melaksanakan peran sebagai pengawas terhadap pengelolaan sarana pembelajaran, (4) Peran komite sebagai mediator, yaitu komite sebagai penguhubung. b) Faktor pendukung dan penghambat dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan (1) Faktor Pendukung : adanya dana yang menunjang, adanya dukungan dari semua pihak termasuk kepala madrasah, guru dan orang tua siswa dan adanya motivasi serta kemauan siswa itu sendiri untuk lebih maju. (2) Faktor Penghambat : dari minimnya dana yang dimiliki oleh madrasah, adanya pro dan kontra yang ada antara pihak madrasah dan orang tua siswa serta kurangnya motivasi dari guru maupun kesadaran dari siswa itu sendiri. c) Hasil kontribusi komite madrasah dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan: komite memberikan saran kepada madrasah dalam pemenuhan sarana prasarana, memberikan dukungan baik dukungan material maupun dukungan non material, melakukan pengawasan terhadap pengelolaan sarana pembelajaran, dan menjadi penghubung madrasah dengan orang tua, masyarakat, dan dinas terkait.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. M. Khoiruddin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Sarana Prasarana, Komite Sekolah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.6 Gedung Sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 08:05 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 08:05 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1418 |