Search for collections on Publications

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus di MI Tarbiyatul Ulum Bulungan 2 Pakis Aji Jepara)

INGQIYADATUN NISA’, 161310003705 (2021) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus di MI Tarbiyatul Ulum Bulungan 2 Pakis Aji Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 161310003705_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 161310003705_COVER.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of 2. 161310003705_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 161310003705_BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 3. 161310003705_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 161310003705_BAB II.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 4. 161310003705_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 161310003705_BAB III.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 5. 161310003705_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 161310003705_BAB IV.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 6. 161310003705_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 161310003705_BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 7. 161310003705_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 161310003705_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 8. 161310003705_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 161310003705_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kompetensi profesional seorang guru yang ideal di era industrii 4.0 salah satunya yaitu guru mampu menguasai bahan ajar, cara menggunakan metode, media dan sumber pembelajaran. Adapun kompetensi guru PAI dalam pelajaran Fiqih dan Akidah Akhlak metode yang digunakan rata-rata sudah memenuhi kriteria pengajar karena sudah mampu memilih dan memilah penggunaan metode sesuai materi pembelajaran. Sedangkan kekuranganya dalam penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan SKI yaitu pada penggunaan metode ceramah dalam menyampaikan materi kurang baik, akhirnya peserta didik kurang fokus dan gampang bosan. Dan juga kekurangan dalam hal subtansi administrasi mengenai penulisannya tidak selalu berkembang mengikuti pembaruan kaidah RPP dan silabus. maka kepala madrasah mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keprofesionalan guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kompetensi profesional guru PAI di era revolusi industri 4.0 di MI TU Bulungan 2 Pakis Aji Jepara. 2) mengetahui upaya kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru PAI di MI TU Bulungan 2 Pakis Aji Jepara. 3) mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kompetensi profesional guru PAI di era revolusi industri 4.0 di MI TU Bulungan 2 Pakis Aji Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif sebuah studi kasus di MI TU Bulungan 2. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tehnik analisis reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi, serta keabsahan data dengan cara melakukan pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis bahwa Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di MI TU yaitu menguasai bahan ajarnya, cara menggunakan metode, media dan sumber pembelajaran, pengelolaan kelasnya, cara memberikan penilaian hasil belajar peserta didik, fungsi bimbingan dan konseling, dan penguasaan administrasi. Adapun kompetensi yang dimiliki guru di MI TU sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan guru dalam era revolusi industri 4.0 yaitu keterampilan komunikasi dan kolaboratif, dengan adanya komunikasi dan kolaboratif di MI TU maka guru dapat berdiskusi dan saling bertukar pengalaman antara guru satu dengan guru yang lain untuk menyempurnakan pembelajaran, Adapun upaya kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru meliputi pendidikan dan pelatihan, memberikan motivasi, serta memberikan penghargaan. Faktor pendukung dalam mengembangkan kompetensi profesional guru PAI di era 4.0 meliputi, faktor guru, dukungan kepala madrasah, Sarana Prasarana, dan juga peserta didik. sedangkan faktor penghambatnya meliputi faktor dari dalam pribadi guru salah satu guru PAI, serta kurangnya pemahaman tentang TIK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sukarman, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Revolusi Industri 4.0
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:30
Last Modified: 04 Jan 2022 07:30
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item
View Item